Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Membuat Menu Menghapus Isi Database Di VB

· · 8 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Menghapus Isi Table Database Acces Dari Menu Utama - Sebenarnya kata database pada judul diatas kurang tepat. Karena yang akan kita bahas disini adalah membuat menu utama untuk menghapus data tabel database. Saya membuat kata database untuk menarik pengunjung melalui kata tersebut. Karena saya yakin mereka pemula seperti saya akan lebih familiar dengan istilah database ketika mencari informasi melalui search engine.

Sebuah program yang dibangun dengan bahasa pemograman Visual Basic akan terlihat sempurna apabila dalam program tersebut tersedia berbagai fitur yang diperlukan. Diantaranya adalah form input data,edit maupun hapus data. Juga terdapat program laporan yang dibuat dengan crystal report misalnya. Program backup dan restore data serta fitur untuk menghapus isi tabel database secara total.

Biasanya untuk menghapus beberapa data sudah tersedia pada form form input data program. Namun itu hanya efektif menghapus beberapa data saja yang jumlah record datanya masih sedikit. Lalu bagaimana jika record datanya ribuan? tentu menghapusnya dari form input data program tidak efektif, karena pada form program biasanya hanya tersedia penghapusan data per baris atau perrecord saja.

Nah untuk itu kita perlu menambahkan sebuah menu hapus data tabel database pada menu utama. Selanjutnya kita akan memanggil sebuah form yang berisi data tabel yang akan kita hapus. Pada studi kasus kali ini kita akan menggunakan database acces 2007 (accdb) dengan metode koneksi database AdoDc. Rekan-rekan bisa melihat tautan dibawah ini untuk infromasi lebih lanjut. Karena disini saya akan membagikan script atau code penghapusan data tabel dengan penjelasan yang lebih umum.

Silahkan baca --> Cara buat menu utama di visual basic
Silahkan baca --> Cara koneksi database acces 2007 dengan AdoDc

Silahkan buat menu seperti gambar dibawah ini :

cara hapus data tabel otomatis di VB

Selanjutnya Desain Form seperti ini :

buat program hapus database di visual basic

Pada form diatas kita akan mengosongkan data tabel pada tabel master barang, pelanggan, transaksi dan data admin. Sebenarnya data admin tidak perlu dimasukan, disamping bisa dihapus memlalui form admin, juga akan mengakibatkan sulitnya untuk login kembali karena data adminya telah terhapus semua. Disini saya tambahkan untuk melengkapi saja supaya tampilan form terlihat indah dan mempesona.Ciehh.

Untuk menghilangkan Tool Adodc pada form diatas ketika program dijalankan, silahkan rubah propertinya, yaitu visible false. Selanjutnya masukan code dibawah ini pada command button hapus masing-masing tabel.

Private Sub Command1_Click()
If MsgBox("Yakin ingin diHapus", vbQuestion + vbYesNo, "Mau??") = vbYes Then
Dim hapus As Integer
For hapus = 1 To Adodc1.Recordset.RecordCount
Adodc1.Recordset.MoveFirst
Adodc1.Recordset.Delete
Adodc1.Recordset.Update
Adodc1.Recordset.MoveNext
Next hapus
MsgBox "Data Barang Berhasil Dihapus"
Else
MsgBox "Data Tidak Barang Tidak Terhapus"
End If
End Sub



Silahkan rubah AdoDc1 sesuai dengan AdoDc pada setiap tabel. Moga bermanfaat. Begitulah. Kayaknya.

Baca juga --> Membuat laporan crystal report acces 2007

8 comments:

  1. saya malah belum paham apa itu bahasa pemograman Visual Basic nih mas.
    jadi bingung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. visual basic itu salah satu bahasa pemograman untuk membuat sebuah program, misalnya membuat program penjualan pada sebuah toko, minimarket dll.Anti virus smadav yang ada dikomputer kita juga dibuat dari bahasa visual basic mas.

      Delete
  2. Perlu dipelajari dulu ya mas ni ilmunya heehee

    ReplyDelete
  3. masih belum faham juga nih,, hehe padahal sudah baca ulang

    ReplyDelete
  4. kayaknya saya harus belajar lebih lanjur nh mengenai database,, saoalnya belum begitu paham, terimakasih informasinya gan

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan