Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mengatasi Driver VGA Terinstall Tapi Tidak Berfungsi

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Mengatasi Permasalahan Pada VGA Card - Istilah VGA sering digunakan mengacu pada resolusi layar laptop maupun komputer destop (PC), yaitu sebagai penterjemah output dari motherboard komputer ke layar monitor. Agar tampilan layar bagus dan beresolusi tinggi maka dibutuhkan driver VGA.

Kita sering dengar banyak orang bilang VGA belum diinstall, ketika tampilan layar laptop atau komputernya tidak bening atau patah-patah dalam memainkan sebuah game resolusi tinggi dan tampilah gambarnya terkesan lonjong. Walaupun sebenarnya menurut saya istilah tersebut kurang tepat, karena secara standar driver VGA walaupun tidak terbundle dalam CD instaler windows sudah otomatis telah terinstall secara standar. Kalau ga bagaimana komputer menampil output gambar kelayar monitor? Hm.. jadi istilah yang agak mengharukan adalah upgrade driver VGA. Apakah istilah ini sudah tepat? entahlah, tulisan ini mah ngaco aja, hehe.

Pernahkah rekan-rekan mengalami driver VGA yang sudah terinstall dengan baik tapi tidak berfungsi ketika windows dijalankan? Nah disini saya sedikit sharing nih tentang permasalahan ini. Salah satu PC saya setelah diinstall windows dan semua driver pendukung, pada tampilan windows dilayar monitor tetap menunjukkan displaynya tidak bekerja normal walaupun status driver ketika di cek pada device manager VGAnya sudah terinstall dengan baik.

Akhirnya  permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengganti kabel VGA. Kenapa driver VGA yang sudah terinstall tidak berfungsi?  karena system operasi windows tidak membaca identitas monitor kita. Ini bisa dilihat dengan mengklik kanan destop --> screen resolution. Biasanya pada bagian display tidak menampilkan merek atau type monitor kita. Pada screenshoot dibawah sudah terdeteksi setelah mengganti kabel VGA.
cara mengatasi driver VGA yang rusak
Jadi permasalan tampilah pada layar monitor tidak selalu disebabkan oleh driver VGA yang corupt, eror atau belum diupgrade, bisa jadi masalahnya pada kabel VGA komputer tersebut, seperti contoh kasus yang saya alami ini. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Layar laptop gelap atau mati.

2 comments:

  1. gan, saya punya masalh kaya agan gini, n monitor ny juga sama kaya agan itu, saya udah ganti kabel vga ny, tetapi tetep gak kebaca monitor saya di settingan display tuh, ada solusi lagi gak? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver vga pastikan sudah terinstall dengan baik

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan