Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Perbedaan Autoblog Dan Blog AGC (Auto Generated Content)

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Apa Itu Blog AGC dan Autoblog ? - Berkenaan dengan blog mungil ini sudah pernah menjadi korban sasaran empuk blog AGC dan autoblog maupun semi auto. Maka saya tertarik untuk membahas malasah tersebut. Apa sebenarnya autoblog dan blog AGC itu ? apakakah sama autoblog dan AGC (auto generated content)?.

Oh ya untuk kasus autobog terhadap blog ini bisa dibaca disini --> Hati-hati dengan serangan auto blog. Untuk kasus AGC awalnya blog tersebut berfose sebagai sebuah website iklan baris yang katanya menganut backlink dofollow, tapi setelah mendaftar malah blog tersebut melakukan grabing.

Tapi masalah ini belum saya tulis karena menurut saya tidak terlalu berbahaya karena blog tersebut tetap memberikan tautan balik dan saya lihat tujuan mereka tidak bersifat komeersil hanya sebagai eksperimen-eksperimen dalam menguji kelihaian algoritma mesin pencari. Diluar itu saya tidak tahu, karena bisa juga mereka melakukan redirect terhadap blog mereka yang lain, wallahu 'alam.

belajar membuat blog AGC

Mungkin diantara rekan-rekan pernah mendengar istilah autoblog dan blog AGC. Sebagian orang mengatakan kedua hal tersebut adalah sama. Menurut saya tidak, perhatikan uraian dibawah ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya :

Autoblog adalah kegiatan mengambil konten dari blog lain melalui RssFeed. Kemudian mempubliskasikannya secara otomatis di autoblog itu, biasanya dengan setingan publish secara berkala. Ada juga yang bersifat semi auto yang ditambahkan beberapa konten seperti video sehingga seolah-olah mereka tidak melakukan pencurian artikel atau konten.  Auotoblog banyak menggunakan platform blogger.

Untuk mengatasi masalah pencurian konten silahkan alihkan RssFeed blog ke feed burner terlebih dahulu dan kemudian rubah setingan umpan blog ke mode singkat. Ada yang mengatakan bahwa merubah umpan blog ke mode singkat berpengaruh pada SEO. Menurut hemat saya tidak, karena setingan itu disediakan langsung oleh pihak blogger/google bagi yang memakai blogger.

Sedangakan blog AGC atau dikenal dengan istilah auto generated content adalah sebuah blog yang menghasilkan konten yang konten tersebut sebenarnya tidak ada pada blog AGC tersebut. Jika kita lihat bagian post (biasanya memakai engine wordpress) tidak ada status publish content atau artikel. Jadi blog AGC (auto generated content) tidak mempunyai artikel. Blog AGC memanfaatkan API dari search engine. Yang biasa digunakan adalah API bing. Bisa dikatakan AGC merupakan mesin pencari kecil-kecilan.

Google search sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah website AGC. Karena dia bisa menyajikan informasi yang informasi tersebut tidak ada pada website google sendiri. Hanya saja AGC google tentu lebih memberikan solusi kepada pencari informasi. Lain halnya dengan sebagian blog AGC yang terkadang hanya membuat pengunjung berputar-putar tanpa mendapatkan informasi yang dicari.

Nah jadi tergantung kepada blog AGCnya seperti apa. Mungkin rekan-rekan pernah dengar blog jevuska yang sempat membuat heboh para netter walaupun sekarang scriptnya sudah dibuang. Moga bermanfaat. Begitulah kayaknya.

Baca juga --> Target bisnis online tahun 2015

4 comments:

  1. Nambah ilmu tentang beda autoblog dan AGC, mas Danish...Terima kasih sudah memberi pencerahan...

    ReplyDelete
  2. wah baru tau nih ada blog seperti itu
    makasih ya infonya..

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan