Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Inilah Perbedaan Wordpress.com Dan Wordpress.org

· · 3 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb
 
Apa Sih Perbedaan Wordpress.org Dan Wordpress.com - Bagi rekan-rekan yang masih pemula dalam dunia blogging mungkin bingung apa yang membedakan wordpress.com dan wordpress.org. Apa kelebihan dan kekurangannya. Jujur saja istilah wordpress.org baru saya tahu pada awal 2014 yang lalu, maklum jaringan 3G baru masuk, semenjak itu bisa dikatakan saya mempunyai profesi baru yaitu gelandang internet, hehe.   

Memang ditahun 2010 saya sudah membuat blog www.abdusatri.wordpress.com lewat handphone nokia communicator 9300 (soalnya belum punya komputer bro..). Waktu itu belum kepikiran tentang bagaimana memonetasi blog. Mempunyai blog walaupun tanpa pengunjung rasanya begitu mengharukan, bahkan saya sampai jingkrak-jingkrak ketika berhasil membuat blog wordpressnya ketika itu (ini sungguhan loh.ya.. walaupun agak sedikit lebay, hihihi).

pilih wordpress.com atau wordpress.org

Diawal tahun 2014 saya mengenal program adsense dan berniat memonetasi blog tersebut. Eh ternyata wordpress.com tidak bisa dipasang javascript, sehingga blog wordpress.com gagal dimonetasi dengan google adsense. Jadi orang-orang yang pada ngomongin wordpess bagus untuk blog adsense itu maksudnya gimana sih ? akhirnya setelah browsing-browsing dapatlah jawabannya :

Inilah perbedaan wordpress.org dan wordpress.com

Wordpress.com adalah sebuah platform gratis alias free. Software yang digunakan adalah wordpress. Kita tidak perlu menggunakan biaya seperti membeli domain atau hosting untuk membuat blog wordpress.com.

Wordpress.org juga merupakan software blog gratis yang bisa diunduh oleh siapa saja. Hanya saja setelah kita download kita membutuhkan sebuah domain dan hosting baik yang sesifat shared, VPS atau dedicated. Nah disinilah yang membuat wordpress.org itu berbayar, harus beli domain dan harus sewa hosting. Wordpress.org sangat mendukung sekali javascript sehingga sangat bisa sekali dipasang script adsense.

Baca juga --> Cara install panel webuzo di server centos

Disamping itu ordpress.org mempunyai banyak plug in yang sangat membantu, seperti plug in SEO yang dapat memeriksa langsung apakah artikel yang kita tulis sudah memenuhi standar SEO atau belum sebelum dipublish. Plugin jet pack misalnya bisa dengan sangat mudah menshare artikel kesosial media dengan cepat. Nah inilah agaknya mesin wordpress lebih bagus dibandingkan blogger atau blogspot. Dukungan plugin yang sangat banyak.

Rekan-rekan mungkin pernah mendengar blog AGC atau auto generated content ? nah blog AGC kebanyakan menggunakan mesin wordpress dengan memanipulasi scriptnya, dan ini pekerjaan mereka yang paham dengan script PHP. Moga bermanfaat. begitulah kayaknya.

Baca juga --> Pilih hosting gratis atau berbayar untuk blog

3 comments:

  1. pengalaman ngblognya lumayan lama, lain kali aku pingin nyoba wordpres org, agar lebih profesional, trims sharingnya ya..

    ReplyDelete
  2. mbak kalau pindah dari wordpress.com ke wordpress.org rumit ga sih ?

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan