Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Sukses Menjadi Pengusaha Teknologi Tanpa Gelar Sarjana

· · 8 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb


Teknopreneur Sukses Yang Tidak Lulus Kuliah - Selamat datang rekan-rekan. Sektor teknologi merupakan salah satu bisnis empuk yang banyak mengantarkan pebisnis dibidang ini menjadi orang yang sukses. Walupun menurut hemat saya standar kesuksesan sebenarnya bukanlah dilihat dari seberapa income yang diperoleh.

Ada fakta yang sedikit mencengangkan bahwa mereka yang sukses bergelut dalam bisnis teknologi tersebut kebanyakan bukanlah orang yang lulus dalam dunia akedemik atau mendapat gelar sarjana. Tapi justru mereka yang gagal atau drop out dari bangku kuliah.

Sebut saja Mark Zuckerbeg yang meluncurkan facebook dari asrama Harvard pada tahun 2004. Pada tahun 2006 Mark membuat dunia terheran atas tawaran Yahoo untuk membeli facebook seharga 1 Milyar Dollar. Namun dengan perjuangan dan kerja keras Facebook pada akhirnya mampu menggeser pemain skala besar yang sedang berkibar pada masa itu seperti Myspace dan Friendster.

untuk menjadi sukses tidak harus kuliah

Aras Ferdowsi memutuskan hengkang dari dunia kampus dan memutuskan untuk mendirikan dropbox, yang diklaim bernilai $ 4 milyar. Perusahaan dropbox berkembang pesat hingga saat ini dengan pengguna ratusan juta orang.

Mungkin tak asing lagi bagi bagi para netter dengan wordpress. Sebuah platform blog yang bisa dikatakan tervaforit dan paling banyak digunakan untuk membuat toko online maupun make money online. Banyak publisher adsense mengandalkan mesin wordpress untuk mendulang dollar. Wordpress diciptakan oleh Matt mullenweg yang keluar dari kampusnya university of Houston tahun 2004 dan fokus mengembangkan wordpress.

David Carp sang pencetus microblog tumblr.com. Ia juga seorang pria tanpa gelar sarjana yang meraup $ 1,3 milyar setelah tumblr di akuisisi oleh yahoo.

Evan williams sang pencipta blogger yang sekarang berada dibawah naungan perusahaan raksasa google. Evan juga termasuk salah satu diantara 3 orang yang telah mengorbitkan twitter hingga menjadi perusahaan bergengsi saat ini.

Pemuda-pemuda diatas sukses tanpa gelar sarjana. Mereka adalah orang yang gagal dalam dunia akademik. Ketika banyak orang berpendapat untuk bisa sukses harus melewati bangku kuliah ternyata anggapan itu seolah-olah dipatahkan bill gate yang dari tangan dinginnya sukses membawa microsoft sebagai perusahaan software yang kian berkibar.

Apakah dunia pendidikan formal tidak cukup untuk menampung sang pencetus ide-ide brilian para teknopreneur seperti Michael Dell yang juga memutuskan hengkang dari bangku kuliah dan kemudian membangun Dell Computer corp pada tahun 1984 ?

Juga steve job berkesimpulan bahwa dunia Universitas tidak cocok menampung karakter liarnya. Kemudian memutuskan mendirikan dan mengangkat brand Apple yang menjadi sebuah merek dagang eklusif yang membuat banyak orang fanatik. Moga bermanfaat. Begitulah.

Baca juga --> Mau berbisnis online menggunakan Wordpress ?

8 comments:

  1. tokoh2 yg patut dijadikan inspirasi yamas.
    kapan ya saya bisa kayak gitu?
    *ngimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas yanto kayaknya sukses dalam bisnis online :)

      Delete
  2. Memang luar biasa mereka yang di luar sana, mas. Namun bangsa kita kayaknya enggak mau kalah. Dalam bidang birokrat konon ada 3 orang yang menjadi menteri tanpa gelar sarjana. Saya cuma dengar kabar cuma satu menteri kelautan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah.. iya betul pak guru..hebat juga tuh bu astuti, hehe

      Delete
  3. waduh aku mesti berhenti kuliah nih dan berkarya sendiri, siapa tahu berhasil seperti mereka.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus gitu juga mbak fadilah, hehe
      mereka walaupun ga kuliah tetap cerdas. :D
      cuma pointnya saya lihat yaitu dalam pengembangan passion.

      Delete
  4. Hebat banget mereka bisa jadi seorang pengusaha sukses, semoga saya bisa jadi pengusaha sukses juga seperti mereka o:)

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan