Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Baguskah Install Windows Dari Flashdisk

· · 13 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Installer Windows 7 Di Fashdisk - Install system operasi seperti windows merupakan proses mengisi perangkat komputer dengan software berupa system operasi dan software yang berjalan pada system operasi tersebut seperi microsoft office, adobe photoshop, coreldraw dan aplikasi-aplikasi lainnya yang kompitible dengan system operasi (OS) tersebut. Jadi tidak semua aplikasi dapat berjalan pada OS (system operasi), seperti microsoft office tidak bisa diinstall di system operasi Linux. Walaupun ada cara cara untuk mengatasi hal itu, tapi tetap saja dalam pengaplikasiannya akan menemui kendala-kendala seperti terjadi error dan bug.

Setidaknya ada 3 macam cara menginstall windows di laptop maupun komputer :

1. Menginstall lewat internet
Proses ini dapat dilakukan jika laptop maupun komputer terkoneksi ke jaringan internet. Penginstalan seperti ini akan menghubungkan laptop atau komputer ke server microsoft jika yang kita installkan adalah system operasi windows.

2. Menginstall windows melalui DVD Room
Ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan. Kita tinggal mengatur first booting ke DVD Room atau dikebanyakan komputer dan laptop sekarang sudah ada pilihan bootingnya. Seperti menekan tombol F12 pada seri-seri laptop thoshiba, dan lain sebagainya karena tergantung pada model BIOS yang digukan oleh komputer atau laptop tersebut.
baguskah install win7 dari flashdisk
3. Menginstall windows dari flasdisk
Menginstall windows 7 dari flasdisk dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengcopykan file installer windows kedalam flasdisk dengan bantuan software seperti WinToFlash. Proses penginstallan sama dengan point nomor 2, kita tinggal memilih booting dari perangkat USB flashdisk dan melakukan proses penginstallan windows seperti biasa.

Ada berbagai macam polemik yang kita dengar bahwa menginstall windows dari flashdisk itu tidak bagus. Windows akan rawan rusak atau corrupt jika melakukan penginstallan dari media seperti flashdisk. Baguskah menginstall windows dari flashdisk? Apakah windows dapat berjalan baik jika proses install system operasi sebuah laptop atau komputer menggunakan flasdisk?

Sejauh kesimpulan yang mengatakan tidak bagus karena eksperimen-ekperimen yang dilakukan sering mengalami windows crash saya kira oke-oke saja. Karena eksperimen-eksperimen kita tentu terkadang tidak sama. Yang menjadi masalah adalah banyak yang beranggapan menginstall windows dari flashdisk tidak bagus karena informasi-informasi yang didengar tanpa melakukan ekperimen terlebih dahulu.   

Jika saya menjawab masalah ini baguskah menginstall windows dari flashdisk ? jawabannya adalah bagus, selama flashdisk yang kita gunakan memenuhi standar terutama dalam hal proses transfer data dan memastikan setiap pengcopyan file install berjalan mulus. Jadi yang membuat gagalnya pengintalan windows dari flashdisk adalah karena kualitas flasdisk yang tidak bagus dan tidak sesuai standar atau flasdisk mengalami gangguan dalam performannya.

Coba kita lihat proses penginstallan pada point pertama, hanya menggunakan media internet. Jadi media saya kira tidak terlalu berpengaruh. yang menjadi pengaruh bagus tidaknya penginstallan windows adalah proses transfer file intall tidak ada yang terganggu atau gagal. Ituh! moga manfaat, begitulah, kayaknya, mungkin, hehe.

Baca juga --> Kenapa virus tidak mau terhapus dari flashdisk?

13 comments:

  1. Menggunakann flashdisk sebagai media boot saya suka praktekan gan jika dalam kondisi mendesar misal cd-rom dan CD nya gak ada saya suka FB namun jangan terlalu sering menggunakan FD sebagai media Bootable gan soalnya FD lama lama bisa rusak :) #pengalaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengembalikan fungsi ke standar kita tinggal format lagi om.

      Delete
  2. kalau saya install windows biasanya pake dvd room aja deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini untuk laptop yang tidak mempunyai DVD room aja bro.

      Delete
    2. Lebih tepatnya notebook kan ? :D

      Delete
    3. Netbook keles.
      notebook = Laptop = ada dvd rom nya

      Delete
  3. Belum pernah install windows. Jangankan pakai FD, pakai CD room aja belum.

    ReplyDelete
  4. Kalau saya sih pernah mas, tapi masalahnya adalah hambatan karena lamanya harus menunggu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak. proses penginstalan dari flasdisk agak sedikit lama karena speed tranfer data sangat berbeda dengan DVD Room.

      Delete
  5. Hmm, kalo saya blm brani install sndri sob,takut kalo gagal.

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan