Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengatasi 403 Forbidden Nginx

· · 11 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Pesan Eror 403 di Panel Webuzo - Selamat datang rekan, moga kami jumpai selalu dalam lindungan dan HidayahNya, amin. Menjadikan sebuah VPS (Virtual Private Server) sebagai basis dari mesin-mesin wordpress untuk pemula saya kira tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang perlu dipelajari dalam mengatasi permasalahan website yang tidak bisa diakses, server down, webserver error atau blog ketika dibuka menampilkan pesan error 403 Forbidden Nginx dan lain-lain.

Sehingga lebih banyak yang memilih shared hosting untuk menjalankan blog-blog wordpress atau CMS lainnya. Karena ketika ada permasalahan pada blog terutama yang berhubungan dengan hosting kita tinggal contact suport. Dan semua permasalahan dihendle oleh pihak penyedia layanan hosting. Lain halnya dengan menjadikan VPS sebagai hosting, semua permasalahan diatasi oleh sipemilik server tersebut yang terkadang membuat para newbie seperti saya sering menendang kaleng Khonguan jika terjadi eror pada server atau blog, wkwkwkw.

Dibalik kekurangan VPS (Virtual Private Server) tersebut ditambah lagi biaya cukup mahal dibandingkan dengan shared hosting,  tetap banyak memiliki nilai plus dibandingkan dengan shared hosting. Kita bebas berkreasi, bahkan dengan mudah bisa kita seliplan aplikasi untuk mendapatkan Proxy dari negara luar. Dan yang lebih mengharukan lagi bisa dijadikan untuk akses internet SSH.

Baca juga Cara mengganti webserver Apache ke Nginx
tips blog tidak bisa diakses dan error
Sesuai dengan judul diatas, salah satu masalah yang mungkin terjadi ketika menginstall wordpress di panel seperti webuzo adalah blog tidak bisa dibuka dan menampilkan pesan error 403 Forbidden Nginx. Tentu saja masalah ini terjadi pada webserver yang memakai Nginx. Bagaiman cara jalan keluar error 403 Forbidden Nginx di blog wordpress?

1. Berdo'a
Ini saya kira merupakan point penting yang terkadang terlupakan. Karena segala macam realitas yang ada itu adalah atas izinNya. *Tunduh* :)

2. Akses VPS melalui Putty. Ketikan perintah dibawah ini :
nano /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/webuzoVH.conf
Selanjutnya masukan script berikut setelah server { dan sebelum tanda } seperti screenshot dibawah ini :
index index.html index.htm index.php;
cara mudah mengatasi error 403 di webuzo
3. Simpan dengan cara Ctrl + X + Y + Enter.
4. Restart dengan cara service nginx restart

Setelah melakukan tips diatas maka error 403 Forbidden Nginx akan hilang dan blog bisa diakses kembali sebagaimana biasa. Oh ya cara diatas berlaku untuk Server dengan system operasi Linux Centos. Untuk Ubuntu atau fedora maupun debian belum dicoba. Moga manfaat. Begitulah, kayaknya.

Baca juga Cara membuat VPS di Digital Ocean

11 comments:

  1. kayaknya saya harus belajar banyak nih mengenai server dari addusatri, lengkap banget tutorialnya, terimakaish banyak mas

    ReplyDelete
  2. waduh saya belum sampe kesitu kang. nanti kalau ada masalah ginian saya calling kang abdussatri deh. okeh-okeh

    ReplyDelete
  3. Sama nih belum kepikiran kesitu soalnya fokus di blogger dulu tapi suatu saat tertarik untuk mencobanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul mas. ga semua orang membutuhkan VPS

      Delete
  4. kalau saya pakai cloud hosting...itu termasuk shared atau vps ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cloud dan VPS sama2 virtual cuma bedanya diharga serta layanannya kayaknya.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan