Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengatasi Keyboard Dan Mouse Tidak Terdeteksi

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Memperbaiki Mouse Dan Keyboard Tidak Dideteksi - Keyboard dan mouse merupakan dua komponen pada sebuah komputer yang sangat penting dalam menginputkan data atau mengeksekusi sebuah perintah. Namun terkadang ada hal yang kurang menyenangkan ketika keyboard maupun mouse komputer atau laptop tidak terdeteksi oleh system operasi seperti windows atau Linux.

Dibawah ini akan dipaparkan penyebab dan solusi keyboard komputer tidak terbaca oleh system operasi :
Pastikan terlebih dahulu bahwa keyboard atau mouse yang rekan gunakan dalam keadaan bagus. Kita bisa mengetesnya terlebih dahulu di komputer atau laptop lain.

Apakah Port motherboad tidak rusak? Jika terdapat sedikit saja kerusakan pada port USB atau port PS-2 maka segeralah menggantinya dengan port yang baru. Tapi ada kalanya kerusakan terjadi pada IC chip Crontroller keyboard atau mouse yang masih menggunakan model lama yaitu port PS2. Untuk mengganti chip yang rusak tersebut rekan dapat membawanya ketempat service terdekat. Karena pemasangan IC chip membutuhkan alat khusus. Atau bisa juga menggunakan alat tambahan ekternal yang mengkonversi dari USB to PS-2.
cara mengatasi keyboard dan mouse tidak terdeteksi
Dalam kasus-kasus lain sering juga terjadi pesan error ketika melakukan booting "Keyboard error or not present"sehingga membuat komputer gagal booting, waupun koneksi atau port keyboard dan mouse dalam keadaan bagus.

Solusinya adalah dengan mencabut kabel power komputer, buka casing dan cabut baterai CMOS sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian pasang kembali. Maka erornya akan hilang. Jadi penyebab keyboard dan mouse tidak terdeteksi oleh system komputer tidak hanya disebabkan oleh hadware yang rusak. Tapi juga disebabkan oleh setingan BIOS yang harus direset untuk system identifikasi baru. Moga bermanfaat.

******

Baca juga Kenapa laptop saya tiba-tiba restart?

2 comments:

  1. biasanya saya cabut kabel keyboard atau mouse nya kemudian setelah restart komputernya saya pasangkan lagi

    ReplyDelete
  2. kalau saya si simple aja...cabut dulu lalu pasang lagi trus matikan atau restart dech kompinya.

    Tips ini si boleh juga mas bro

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan