Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menghubungkan Domain Ke VPS Hosting

· · 4 comments
Assalamu'alakum, wr.wb

Mengarahkan Domain Freenom Ke IP VPS DO - Banyak hal-hal yang dialami sebagai pemula dalam memanajemen VPS hosting, mulai dari web server Apache yang selalu error, penginstalan wordpress yang selalu gagal hingga koneksi domain ke IP VPS yang bermasalah. Ditulisan ini tetang bagaimana cara koneksi domain Freenom ke IP VPS (virtual private server) DO (digital oecean) yang telah diinstall panel webuzo.

Untuk domain berbayar seperti namecheap saya kira konsepnya sama yaitu dengan memanajemen DNS dan menambah record baru dengan memasukan IP VPS pada setingan record tersebut.

Disini saya asumsikan rekan-rekan sudah memiliki akun Freenom. Silahkan login terlebih dahulu, kemudian masuk ke  domains --> My domains. Selanjutnya klik pada domain yang ingin dihubungkan ke IP VPS dengan menekan tombol manage domain.

cara mengarahkan domain ke hosting VPS

Pastikan terlebih dahulu setingan pada management tools name servernya dengan memilih use default name server. Selanjutnya pilih tab manage freenom DNS.

cara menghubungkan domain ke VPS DO

Lihat bagian bawah pada Add record, tambahkan IP VPS pada target, untuk TTL type dan name biarkan standar. Kemudian tekan save changes.

cara hubungkan domain ke panel webuzo

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kita telah selesai menghubungkan domain freenom ke VPS hosting dengan benar. Selanjutnya silahkan menunggu, karena domain perlu masa propagasi dalam pengkonekan tersebut. Lama propagasi bisa beberapa menit hingga 1 hari. Untuk mempercepat propagasi domain silahkan surfing triknya di om google atau tante yahoo. Moga bermanfaat, begitulah.

Baca juga --> Mengatasi domain tidak bisa diakses karena apache error.

4 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan