Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mudah Unmanaged VPS Menjadi Webhosting

· · 6 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Praktis Membuat Webhosting Di VPS - Selamat datang rekan di blog mungil mungil penuh pesona ini, Ea.. Menjadikan VPS (Virtual Private Server) sebagai webhosting bagi pemula cukup banyak menemukan kendala-kendala. Apalagi yang masih baru mengenal VPS, tentu akan kesulitan dalam mengkonfirugasi VPS untuk menjadikannya sebagai sebuah webhosting handal dan menginstall aplikasi-aplikasi penunjang yang diperlukan.

Memilih Unmanaged VPS sebenarnya tidak cocok bagi rekan pemula untuk memanajemen sebuah server website atau blog. Karena memilih Unmanaged segala macam bentuk troubleshooting kita sendiri yang mengatasinya. Mulai dari errornya Mysql atau permasalahan seputar webserver seperti Apache atau Nginx.

Unmanaged VPS berarti tidak di-manage oleh pihak layanan hosting atau VPS. Pihak penyedia VPS atau hosting hanya menyediakan sebuah server untuk pelanggannya sehingga masalah konfirugasi, error solving ataupun instalasi itu semua dilakukan oleh sipenyewa server. Lalu apakah ada VPS yang managed? tentu saja ada, hanya saja rekan harus mengeluarkan sejumlah fulus untuk membeli layanan tersebut. Bagi rekan yang mempunyai dana minimalis tentu pilihan ini kurang mengharukan.
cara menjadikan VPS untuk webhosting
Jadi bagaimana cara mudah menjadikan VPS Unmanaged sebagai webhosting tanpa dipusingkan oleh setingan yang cukup membingungkan? jawabannya adalah dengan memakai panel Webuzo. Kenapa harus pakai Webuzo? karena control panel yang satu ini cukup bagus dalam memanajemen website atau blog-blog kita.  Dan tingkat system securitynya cukup apik (baca : bagus) dibandingkan dengan control panel lainnya.

Baca juga Cara install panel webuzo di server Centos 64 bit

Syarat menjalankan webuzo pada sebuah VPS yang sudah saya coba adalah dengan system operasi Linux Centos versi terbaru dan model 64 bit. Webuzo adalah control panel gratis. Untuk mendapatkan versi premiumnya rekan hanya mengeluarkan $2,5 saja perbulan sehingga dalam proses penginstallan wordpress bisa dilakukan secara otomatis. Moga manfaat, begitulah.

Baca juga Cara install wordpress manual di Panel Webuzo 

6 comments:

  1. terimakasih banyak gan sudah memberi pencerahan mengenai vps ini, baru terpikirkan ternyata vps bisa dengan mudah di jadikan hosting,

    ReplyDelete
  2. walaupun kita yang mengurus sendiri, tapi kalau sudah bisa dan terlatih, tentu itu akan menjadi pengalaman yang cukup luar biasa kedepannya ya mas, kalau saya sih setuju dengan begitu, ya walaupun kepala mau pecah rasanya heehee

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan