Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Kenapa Laptop Saya Tiba-Tiba Restart?

· · 6 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Mengatasi Laptop Sering Restart - Permasalahan laptop restart ketika dioperasikan umumnya terjadi pada laptop-laptop yang sudah berumur, tapi tidak jarang juga laptop restart sendiri ketika main game, browsing, download dan lain-lain terjadi pada laptop yang baru. Karena penyebab restart sendiri pada laptop tidak hanya pada komponen hadware yang rusak atau over heating tapi juga karena system operasi atau driver yang bermasalah. 

Hal yang sama juga sering ditemui pada pengguna komputer destop (PC). Walaupun komputer (PC) terbilang kebal dibandingkan laptop secara performance, tetap saja alasan hadware maupun software yang crash atau corrupt penyebab komputer sering melakukan restart sendiri. Apa yang menyebabkan laptop atau komputer tiba-tiba restart sendiri. Semoga uraian dibawah ini dapat membantu :
penyebab laptop tiba-tiba restart sendiri
1. Terjadi kerusakan motherboard
komponen yang ada pada motherboard yang bisa menyebabbkan komputer sering restart sendiri adalah kapasitor yang bocor atau menggelembung. Sehingga mengakibatkan sumber daya yang boros dan akhirnya komputer atau laptop restart sendiri. Sebaiknya segera melakukan penggantian kapasitor atau untuk sementara rekan-rekan bisa menggunakan travo dan didukung dengan power supply yang bagus.

2. Ada driver yang tidak cocok 
Perhatikan, apakah rekan-rekan pernah menginstall driver baru ke laptop, dan setelah itu laptop sering restart? Jika ya. segera lakukan uninstall pada driver tersebut dan carilah driver yang betul-betul cocok dengan hadware. Biasakan mencari driver disitus-situs resmi vendor laptop, karena ini akan aman dari serangan penyisipan virus pada driver.

3. Terjadi over heating pada processor
Silahkan cek suhu laptop dengan melihatnya pada informasi BIOS, atau bisa juga mengandalkan softwre-software cek suhu komputer yang sudah banyak bertebaran diinternet. Pada software tersebut biasanya diinfornasikan over heating dengan memberi tanda seru bewarna merah. Jika hal ini terjadi pada laptop kita, maka segera lakukan pembersihan pada fun sehingga processor mendapat pendinginan. Dan tambahkan pasta processor jika sudah habis.

Itulah setidaknya 3 macam penyebab laptop sering restart sendiri. Sebenarnya masih banyak penyebab-penyabab lain yang mengakibatkan laptop restart sendiri. Silahkan surfing lagi jika 3 point diatas tidak bermasalah pada laptop rekan tapi laptop sering restart sendiri. Moga manfaat, begitulah. 

Baca juga --> Baguskah install windows dari flashdisk

6 comments:

  1. Mungkin kasusnya bisa disamakan pada komputer ya mas? Soalnya komputer saya sering restart gara-gara modem, mas. Misalnya saat modem tergoncang sedikit saja, maka komputer langsung restart...

    ReplyDelete
  2. memang kadang kita sering jengkel gan ketika sedang mengerjakan tugas atau pun sedang nge game tiba-tiba laptop restar sendiri, bisa dipastikan kadang data yang belum di save akan hilang jika tidak ada auto recovery nya, dari permasalahan di atas saya lebih paham sekarang mengenai kerusakan dalam laptop atau komputer, nice share mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi lain bisa beli baru lagi mas, hehehe.

      Delete
  3. Ilmunya bermamfaat gan thanks :)
    salam blogwalking

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan