Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mengatasi Domain Tidak Bisa Diakses - Error Apache

· · 9 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Memperbaiki Aphace Eror Di Panel Webuzo - Apache merupakan web server yang masih memiliki pengguna fanatik hingga saat ini. Walaupun apache agak memakan resource RAM yang lumayan jika dibandingkan dengan Nginx Server. Tetapi dibeberapa panel seperti webuzo menempatkan Apache sebagai default server. Ini menandakan Apache masih memiliki kelebihan yang cukup mengharukan dibandingkan web server lain. Konfirugasi yang begitu mudah, instalasi yang tak memusingkan kepala serta mampu beroperasi dengan apik (baca : baik) di berbagai macam system operasi. 

Yang saya maksud domain yang tidak bisa dibuka disini bukan domain yang dalam masa proses propagasi, tetapi domain yang ketika dibuka muncul pesan eror Apache dengan menampilkan gambar anak orang indian sedang tertawa, ya mungkin karena apache merupakan nama suku di indian sana yang terkenal kuat dan strategi perang yang bagus, sehingga mereka sering bertempur melawan orang spanyol dan meksiko. 

cara mengatasi domain tidak bisa diakses
Screenshoot diatas muncul ketika saya hendak mengakses salah satu domain dengan hosting VPS digital ocean  menggunakan system operasi Linux Centos 32 bit dan panel webuzo. Sedikit jengkel memang, lihat saja tulisan diatas installation successful, padahal ga bisa diakses, duh!, ini mah screenshot ngejek aja, hhihi.

Apa yang menyebabkan Apache eror ketika membuka domain? Ternyata ini disebabkan karena Apachenya tidak jalan. Untuk rekan-rekan yang memakai panel webuzo bisa dilihat pada advanced setting --> Service. Kemudian kik start atau restart sehingga status bewarna hijau seperti gambar dibawah ini.
cara memperbaiki domain yang eror
Tapi kenapa setelah di start atau direstart server Apache tetap tidak bisa jalan alias error? setelah VPS diinstall ulang dengan system operasi centos 64 bit baru permasalahannya dapat teratasi. Nah ternyata panel webuzo berjalan apik (baca :bagus lagi, hehe) di linux centos 64 bit.

Jadi jika rekan-rekan mengalami hal serupa tidak bisa mengakses domain karena apache eror, maka coba restart dengan petunjuk diatas. Jika belum bisa maka saatnya rekan migrasi dari centos 32 bit ke centos 64 bit. Moga manfaat. Begitulah.

Baca juga --> Cara install kloxo Mr di Server Centos

9 comments:

  1. wah kurang tau yang ini, soalnya hosting saya masih ikutan blogspot, cuma domainnya aja yang ganti. makasih nih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om. blog saya ini juga masih numpang di om google, hehe.

      Delete
  2. Berhubung saya masih menggunakan domain gratisan, jadi saya hanya bisa menyimak gan....terima kasih sudah berkenan sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. kapan kapan bisa di custom tuh domainnya jadi TLD biar lebih keren, hehe

      Delete
    2. Benar sekali tu...saya akan beralih ke TLP bulan juli nanti pas saya ulang tahun

      Delete
  3. Ini patut disimak nih mas. Kemungkinan domain tidak bisa diakses karena apache error, bisa saja terjadi pada setiap pengguna...Terima kasih, mas...

    ReplyDelete
  4. wah Terimakasih mas tutorialnya nih, jadi tambah ngerti mengenai TLD jika eror pada apache, langsung praktek ah

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan