Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Apa Itu XAMPP Dan Kegunaannya?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengertian dan Fungsi XAMPP - Meminjam pengertian dari Wikipedia XAMPP adalah perangkat lunak bebas atau opensource yang mendukung banyak System Operasi, kompilasi dari beberapa program. Fungsi Xampp sebagai server yang berdiri sendiri (localhost) yang terdiri dari Apache, Mysql, dan Bahasa Pemograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat System Operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

X melambangkan 4 System Operasi yaitu Windows, Linux, Mac dan Solaris. Sedangkan Apache merupakan webserver open source yang bisa diedit oleh penggunanya. Tugas Apache pada XAMPP ini adalah untuk menampilkan halaman Web berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh Web Developer. MySQL merupakan aplikasi database server yang sangat populer saat ini. Bahkan si raksasa Google sendiri menggunakan MySQL sebagai basis data servernya sebelum memutuskan melakukan migrasi ke MariaDB yang mulai booming saat ini.
pengertian dan fungsi XAMPP
MySQL pada XAMPP juga bisa digunakan untuk database dari bahasa pemograman seperti Visual Basic, Delphi dan lain-lain.  Sedangakan PHP dan Perl merupakan bahasa pemograman Web yang bersipat server-side scripting. Memungkinkan membuat halaman web yang bersifat dinamis.

XAMPP digunakan untuk mengembangkan sebuah website yang berbasis PHP dan MySQL sebagai databasenya. Dengan XAMPP kita bisa membuat sebuah website berbasis Offline tanpa harus terhubung kejaringan internet dan mengeluarkan biaya domain dan hosting. Sehingga para programmer Web dapat menguji langsung dari komputer website yang dibuatnya dan didepan client melalui laptop maupun komputer.

Apakah website yang dibuat dari XAMPP bisa di onlinekan ke Hosting? tentu saja bisa. Setelah membuat website berbasis offline kita dapat melakukan ekspor semua data web tersebut ke shared hosting, VPS hosting maupun dedicaded Server menggunakan berbagai macam aplikasi seperti FileZilla.

XAMPP sangat cocok bagi rekan yang ingin belajar membuat website berbasis PHP secara offline dilaptop sendiri. Rekan juga bisa menginstallkan CMS yang populer saat ini seperti Wordpress ke localhost menggunakan XAMPP. Setelah website sudah jadi dan matang selanjutnya lakukan migrasi ke hosting untuk mendulang dollar. Moga manfaat, begitulah.

******

Baca juga Pilih apache atau Nginx ?

2 comments:

  1. ini xamp banyak fungsinya ms, bisa di gunakan belajar membuat web offline dan juga bisa di gunakan untuk mendesai template ya

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan