Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Bisnis Tour Dan Travel Dari Rumah

· · 2 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Tips Memulai Startup Bisnis Tour dan Travel - Selamat datang kembali rekan, moga kami temui selalu dalam keadaan sehat dan dalam bimbingan HidayahNya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat berbincang-bincang dengan seorang rekan di facebook yang sukses dengan bisnis tour dan travelnya yang ia kelolah hanya dari kamarnya dengan menggunakan sebuah laptop yang terkoneksi ke internet.

Om kems begitulah saya sering menyapa beliau ketika melakukan chatting difacebook, tanya ini itu seputar bisnis online khususnya tips yang dia gunakan dalam menjalankan bisnis tour travelnya. Tulisan ini sama sekali bukan bermaksud mempromosikan bisnis tour dan travel om kems karena ada semacam kerjasama, sama sekali tidak. Tapi menurut saya hal-hal semacam ini patut diketahui oleh siapa saja yang menginginkan mendirikan sebuah bisnis online. Menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa ada peluang bisnis yang sangat gurih jika saja kita mau sedikit meluangkan waktu dan meminimalkan kegiatan online kita yang selama ini hanya sebatas chatting, update status, game online dan lain sebagainya.
cara memulai bisnis tour dan travel
Bisnis online travel dan tour om kems bernama tourdebromo.com, melayani bagi siapa saja yang ingin melakukan tour, khususnya ke daerah Bromo. Apakah om kems tinggal didaerah Bromo? Ternyata tidak rekan-rekan. Bagaimana cara om kems melakukan bisnis tour dan travelnya. Om kems melakukan kerja sama dengan pemilik hotel, pemilik travel, rumah makan dan hal-hal yang menyangkut dengan itu.

Lalu beliau membuat sebuah website mempromosikan diinternet. Pernah saya tanya kenapa ga main bisnis travel seperti menjual tiket pesawat aja om? Dia menjawab, hasilnya kurang gurih, paling kita hanya dapat Rp. 30.000,-/ tiket saja.

Bagaimana toudebromo dipromosikan oleh om kems? Ternyata dia menggunakan jasa priklanan google adword dengan budget sekitar Rp. 30.000,-/hari. Om kems menggunakan Adword dari tahun 2009 tanpa guru. Kenapa dia tidak memilih Fb Ads saja? Karena bisnis semacam tour seperti ini banyak dicari orang melalui search engine atau mesin pencari.

Om kems menggunakan Adword sebagai pondasi iklan utama karena dia tidak begitu lihai bermain dengan SEO. Jadi rekan-rekan jangan menganggap seorang blogger atau bisnis online yang berhubungan dengan website harus mengusai ilmu SEO seperti memahami bagaimana teknik off page atau backlink yang terkadang membuat bingung pemula.

Saya kira banyak startup-stratup lokal banyak yang mulai berkembang seperti bisnis tour dan travel yang dimiliki oleh om kems. Mari jadikan ini sebagai inspirasi, penyemangat untuk segera melangkah maju dalam memulai bisnis online apa saja yang sesuai dengan passion kita. Ladang internet yang begitu luas, sangat disayangkan jika hanya dimanfaatkan oleh pemain startup luar, sebut saja Lazada, Zalora atau situs market place yang sempat berkibar dijagat maya Indonesia seperti berniaga dot com, toko bagus dan lain sebagainya.

Hai!! Anak muda, yang selalu update status ngaco, chattingan atau menghabiskan waktu untuk game online, mari luangkan sedikit waktu untuk mencari sela menghasilkan pundi-pundi dollar dari kegiatan online yang kita lakukan setiap hari, yakinlah harapan itu pasti ada, selama kita mau berusaha atau berihktiar, Insyaallah. Moga manfaat, begitulah.

Baca juga Sukses menjadi pengusaha teknologi tanpa gelar Sarjana.

2 comments:

  1. ini nih mas jadi inspirasi saya lagi, bisnis tour dan travel walaupun belum begitu paham dengan sistem kerjanya gak masalah, minimal harus dipelajari dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. bisa banyak nanti tuh order pak guru :D

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan