Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Agar HP Android Tidak Lemot

· · 8 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mengatasi Handphone Android Yang Lambat - Handphone dengan system operasi Android begitu marak saat ini sejak pertama kali dikeluarkannya oleh pihak vendor Google. Banyak aplikasi pendukung yang tersedia secara gratis atau berbayar di playstore, google play sebagai pusat aplikasi-aplikasi yang berjalan dengan system operasi Android. Kecepatan akses yang bagus serta performance yang telah teruji, membuat si robot hijau besutan Google ini menjadi pilihan banyak kalangan yang ingin memiliki sebuah smartphone.

Terlepas dari kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, merupakan masalah umum jika pengguna Android mengalami masalah lemot dalam hal mengakses aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya, bahkan tidak bisa mengakses fitur-fitur utama seperti SMS, Telpon maupun akses internet. Apa penyebab Android menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasi HP Android yang lemot atau lelet?

Cara HP Android Tidak Lemot :
cara mudah mengatasi android lelet
1. Memori internal penuh
Hal pertama yang harus rekan cek ketika HP Android lambat atau lelet bin lemot adalah apakah kapasitas memori internal smartphone Android masih mencukupi atau telah penuh? Jika memori internal Handphone Android rekan sudah penuh atau hampir penuh, maka inilah yang menyebabkan kinerja HP Android menjadi lambat atau lemot. Solusinya adalah dengan memindahkan aplikasi yang terpasang pada memori internal ke memory eksternal handphone Android rekan. Terkadang fitur pemindahan ini tidak tersedia pada system operasi Android lawas, untuk mengatasinya rekan bisa melakukan root terlebih dahulu.

2. Delete cache
Jika smartphone Android sering digunakan dalam untuk aktivitas online seperti browsing atau chating, maka sering-seringlah menghapus cache. Bagi pemula terkadang masalah ini dianggap sepeleh sehingga file cache menumpuk dan mengakibatkan HP Android lemot atau lambat. Rekan bisa menggunakan aplikasi seperti clean master yang telah tersedia di playstore.

3. Menghapus aplikasi yang kurang penting
Menginstall banyak aplikasi kedalam perangkat Android memang sangat menyenangkan apalagi aplikasi-aplikasi tersebut gratis. Namun rekan harus perhatikan, installah aplikasi yang penting-penting saja, apalagi rekan masih menggunakan type ponsel Android versi bawah, akan berakibat lambannya proses booting dan membuat kinerja Android semakin menurun.

Disamping 3 cara agar HP Android tidak lambat atau lemot diatas, rekan juga bisa menginstallkan aplikasi untuk mempercepat kinerja handphone Android. Moga manfaat, begitulah.

Baca juga Situs gratis untuk edit foto

8 comments:

  1. kalau android saya seing lemot karena penuhnya chace, kira2 yang paling baik pake sofware apa ya mas

    ReplyDelete
  2. Kalau aplikasi diletakkan di kartu memori bisa nggak ya mas? Trus gimana caranya memindahkan aplikasi yang sudah terinstall di memori internal?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. memindahkan aplikasi dari memori internal bisa ke eksternal. hanya saja kalau untuk versi android 2.3 harus di root dulu.

      Delete
  3. saya sering delete cache mas, tapi kadang belum cepat juga, mungkin karena memorinya kurang ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi pak. intinya memori internal tersisa 15 %

      Delete
  4. kalo ramnya kecil memang memungkinkan untuk hp androidnya lelet :)

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan