Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Koneksi Database Acces Dengan Delphi

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Koneksi Ms. Acces Pada Pemograman Delphi - Microsoft Acces merupakan salah satu database yang didukung oleh banyak bahasa pemograman termasuk Bahasa Borland Delphi. Karena kemudahan dalam mengelolah dan terbundle dalam paket microsoft office membuat Acces lebih familiar dan banyak digunakan pemula dalam merancang sebuah aplikasi atau Program yang kali ini dengan Bahasa Delphi. Walaupun Acces belum dapat menyaingi kehandalan MySQL, SQL Server ataupun Database berbayar seperti Oracle, tapi membuat sebuah program destop dengan lingkup record yang tidak terlalu banyak, Acces adalah pilihan yang tepat.

Model Koneksi database pada Delphi menggunakan Microsoft Acces ini mirip dengan cara koneksi ADODC database Acces di Visual Basic. Pada Delphi komponennya dinamakan dengan AdoConection. Untuk menghubungkan Form Delphi dengan database Accesnya kita menggunakan dua komponenen, yang pertama AdoConnection sebagaimana yang disebutkan diatas dan kedua menggunakan Adoquery. Jika rekan menggunakan database MySQL maka yang pengganti Adoquery adalah MyQuery.

AdoConnection digunakan untuk menghubungkan program kedatabasenya. Sedangkan Adoquery digunakan untuk proses eksekusi data pada formnya seperti melakukan perubahan, penyimpanan dan penghapusan data, kalau di Visual Basic Adoquery bisa disamakan dengan Recordset.

Cara Menghubungkan Database Acces Pada Pemograman Delphi :

1. Siapkan databasenya dalam format Mdb. jika rekan memakai microsoft office 2007 atau 2010 silahkan lakukan save as pada accesnya dan pilih format acces 2003 atau mdb. Supaya lebih memudahkan silahkan simpan database maupun file programnya dalam satu folder.

2. Tambahkan dua komponen berikut pada form program. Adoconnection dan Adoquery.
cara koneksi database acces di delphi
3. Klik dua kali AdoConnection. Pada use connection string klik Build. Selanjutnya pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider. Kemudian Next. 
langkah koneksi database ms acces dengan delphi
 4. Pada tab connection cari database yang akan kita konekkan di program Delphi. Selanjutnya tes connection untuk memeriksa apakah program dan database sudah terhubung. kemudian OK.
cara menambahkan database pada form delphi
 5. Atur AdoConnection pada Object Inspector. Pada Connected pilih true. Dan pada LoginPrompt pilih False. Selanjutnya klik Adoquery dan pilih AdoConnection pada pengaturan Connection di Object Inspector.
cara membuat program database dengan bahasa delphi
Dengan melakukan langkah-langkah diatas, rekan sudah berhasilkan melakukan koneksi database Acces kedalam program Delphi. Moga bermanfaat, begitulah.

******

Baca juga Program gaji karyawan dengan Delphi

2 comments:

  1. nah artikel ini yang sedang saya cari mas, kebetulan pas belajar membuat software di delbi, bingung bagaimana agar bisa terkoneksi dengan databse acces nya, makasih infonya mas

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan