Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Upgrade RAM di VPS DO

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Langkah-langkah Upgrade VPS Digital Ocean - Virtual Private Server (VPS) yang ditawar oleh Digital Ocean cukup banyak diburu khususnya blogger lokal untuk mendapatkan kecepatan akses webhosting yang sudah teruji dan sangat jarang terjadi gangguan seperti server down. Sebagai pemula yang baru mengenal VPS kebanyakan memilih spesifikasi dengan harga yang paling minimalis yaitu RAM 512 bandwith 1 TB dan CPU 1 Core dengan tawaran harga $5 dollar perbulan. Tips supaya rekan mendapatkan bonus $10 dollar ketika melakukan pembelian server di Digital Ocean silahkan klik VPS Murah $5 Dollar Bonus $10 Dollar. 

Cara termudah saya kira untuk menginstall banyak blog wordpress ke Server Digital Ocean adalah dengan menggunakan control panel Webuzo, disamping juga ada control panel lain yang tak kalah bagus seperti server pilot ataupun panel karya anak bangsa Mustafa Ramadhan yaitu Kloxo Mr.

Cepat atau lambat dengan spesifikasi VPS RAM 512 menggunakan control panel dalam memanajemen banyak blog akan membuat server mengalami down karena status resource RAM habis. Memang ada beberapa solusi sebelum rekan memutuskan upgrade RAM karena pertimbangan dana yaitu dengan melakukan hal-hal berikut :

Mengganti Webserver Apache ke Nginx
Cara Menambah Virtual RAM di VPS 

Jika kedua cara diatas tidak efektif lagi meningkatkan performance server rekan-rekan dan membuat Mysql sering mati, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan upgrade droplet dan memilih RAM yang lebih tinggi.

Ada hal yang sangat perlu diperhatikan dalam melakukan upgrade RAM di VPS Digital Ocean (DO) yaitu perubahan IP adress. Apabila hal ini terjadi dan rekan telah menginstallkan banyak blog kedalam server tersebut menggunakan webuzo maka rekan tidak akan dapat masuk dan blog rekan-rekan otomatis tidak bisa diakses, kecuali rekan telah melakukan backup database dan merestorenya ke IP baru nantinya.

Untuk mengatasi supaya tidak terjadinya perubahan IP adress ketika melakukan Upgrade VPS DO ke RAM yang lebih tinggi ikuti trik-trik ngaco dibawah ini :

1. Matikan terlebih dahulu servernya dengan memilih power --> power off. Rekan juga bisa melakukannya di consule seperti bitvise client atau Putty dengan mengetikan shutdown -h now
Cara upgrade RAM di VPS Digital ocean

2. Pilih tab snapshots, kemudian ketikan nama snapshots dan klik take snapshots untuk memulai. Proses ini mungkin hampir mirip dengan merestore file Gho menggunakan CD Hiren di proses penginstalan windows.
cara upgrade VPS DO

3. Pilih tab destroy, jangan lupa centang scrab data. 
cara rezise droplet digital ocean
4. Maka otomatis droplet lama rekan tadi sudah otomatis terhapus, tapi jangan khawatir kita sudah melakukan backupnya melalui fitur snapshots.

5. Buat droplet baru dan pilih RAM yang diinginkan. Pada region server harus sesuai dengan droplet lama. Jika rekan memilih server New York sebelumnya maka kita harus memilih region New York agar file snapshots yang kita create sebelumnya aktif dan tampil secara otomatis. Untuk buat droplet rekan bisa baca DISINI

6. Pada pilihan select image silahkan pilih My Images dan pilih file image yang telah dibuat sebelumnya (snapshots). Terakhir klik tombol Create Drolet. Proses ini membutuhkan beberapa menit tergantung seberapa besar file image rekan.

Saya menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk melakukan Upgrade dua droplet yang saya miliki di server DO. Otomatis selama itu pula saya mengalami kerugian karena blog tidak jalan dan otomatis dollar berhenti mengalir, wkwkw. Namun setelah itu dapat terbayar karena mesin Iron Man kembali hidup lebih joss lagi. 

Dengan melakukan hal diatas berarti rekan telah sukses melakukan upgrade RAM di VPS Digital Ocean dengan benar. Namun yang perlu diperhatikan otomatis password Root akan berubah. Silahkan cek Email yang rekan gunakan untuk daftar VPS SG.DO dan lakukan perubahan melalui Putty. Moga bermanfaat, begitulah.

Baca juga Cara Mengatasi 403 Forbidden Nginx

2 comments:

  1. Selamat pagi mas. Datang pagi belajar bagaimana mengupgrade RAM di VPS di Digital Ocean. Terima kasih ilmunya...

    ReplyDelete
  2. wah cocok banget nih gan, kebetulan pengen secepatnya upgrade RAM di VPS saya, biar tambah wus dari segi performa nya

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan