Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Coding Simpan Edit Hapus di Delphi

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Code Save, Edit dan Remove Data di Delphi -  Sebuah aplikasi yang dibangun dengan Bahasa Delphi maupun Bahasa lainnya, pada umumnya memerlukan button simpan, edit dan hapus. Karena dengan tombol eksekusi tambah, edit, simpan dan hapus kita bisa memodifikasi data yang kita inputkan maupun data yang telah ada pada database. Tentu saja untuk membuat fasilitas simpan, edit dan hapus data terlebih dahulu form rekan sudah terhubung ke database.

Baca juga Cara koneksi database Acces di Delphi dengan Adoconnection

Code simpan, edit dan hapus untuk setiap database berbeda. Diartikel ini saya akan bagikan code untuk penyimpanan data pada program Delphi menggunakan Database Microsoft Acces. Untuk MySQL akan dibahas ditulisan yang akan datang.
koding untuk simpan edit dan hapus di delphi
Script penyimpanan data di delphi dengan Acces sebagai Database :
adoquery1.SQL.Clear;
adoquery1.SQL.add('insert into namatabel values ("'+ edit1.Text +'","'+ edit2.Text +'","'+ edit3.Text +'","'+edit4.Text +'")');
adoquery1.execSQL;

Untuk script edit data di delphi dengan Acces sebagai Database :
adoquery1.SQL.Clear; 
adoquery1.SQL.Add('update namatabel set field2="'+edit2.text+'",field2="'+edit3.text+'",field3="' +edit4.text+'" where field1="'+edit1.text +'"');  
adoquery1.ExecSQL;  

Dari script edit data diatas dapat dipahami proses update datanya dilakukan setelah proses penampilan data pada editbox. Jadi kita akan memanggil data berdasarkan Primarykey pada field1 (edit1).

Silahkan masukan kode berikut untuk menampilkan data sebelum melakukan proses edit maupun hapus data. Masukan pada editbox yang dijadikan sebagai acuan primarykey pada database rekan-rekan. Klik dua kali pada editboxnya.

adoquery1.SQL.Clear;
adoquery1.SQL.Add('select * from namatabel where field_primarykey = "'+ edit1.text +'"'); 
adoquery1.open;
if not adoquery1.EOF then
begin
edit2.text := adoquery1.fieldvalues['field2];
edit3.text := adoquery1.fieldvalues['field3'];
edit4.text := adoquery1.fieldvalues['field4'];
button1.enabled := false;
showmessage ('Data Sudah Ada')

Button1.enabled:=false digunankan untuk menonaktifkan tombol simpan. Karena proses penyimpanan data akan dieksekusi langsung oleh button edit atau ubah.

Untuk script hapus data di delphi dengan Acces sebagai Database :

adoquery1.SQL.Clear;
adoquery1.SQL.Add('delete from namatabel where field_primarykey="'+edit1.Text +'"');
adoquery1.ExecSQL;

showmessage ('Data Sudah Dihapus');

Dari beberapa koding diatas saya lebih menyukai coding hapus, karena simple, hehe. Kita hanya menambahkan field primarykeynya dengan syarat setiap data record sudah tampil pada editboxnya.

Koding diatas sdapat rekan jadikan referensi untuk melengkapi form program yang dibuat dari Bahasa Delphi. Perintah SQL.Clear diatas  diguanakan untuk menghapus perintah SQL yang telah digunakan sebelumnya. Adoquery.ExeSQL digunakan untuk melakukan eksekusi perintah SQL yang ditulis sebelumnya. Sedangkan Showmessage untuk menampilkan pesan atas Event yang telah dieksekusi program.

Dan dapat dilihat juga bahwa point utama dari permasalah pemograman adalah database. Banyak perintah-perintah SQL yang diinputkan diatas yang menjadikan bahwa ia bukan hanya sebatas sebuah database tapi juga termasuk kedalam Bahasa Pemograman.

Karena diatas merupakan coding mentah tampa form, maka kemungkinan masih membuat rekan bingung dan terkesan kurang gurih jika belum diaplikasikan pada sebuah program. Dipostingan selanjutnya akan kita buat fasilitas simpan, edit dan hapus pada contoh program yang telah kita buat di beberpa postingan yang lalu. Moga bermanfaat, begitulah.

******

Baca juga Program gaji karyawan sederhana di Delphi

2 comments:

  1. coding ini banyak macamnya ya mas dalam pemrogam delphi.biasanya di gunakan untuk membuat aplikasai. dan proses penyimpanannya bisa diterapkan ke exe kayaknya,saya sih denger2 aja, gak begitu ngerti

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan