Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Dennis Ritchie Pencetus Bahasa C Yang Terlupakan

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Sejarah Bahasa Pemograman C - Dennis MacAlistair Ritchie  (September 9, 1941 - c. October 12, 2011) adalah penggagas bahasa Pemograman C. Apa itu bahasa C ? Bahasa C merupakan salah satu Bahasa Pemograman Komputer tinggkat menengah yang mempunyai kemampuan dalam mengakses mesin komputer yang mendekati kemampuan bahasa rakitan.

Rekan tentu sudah kenal dengan Winamp yang selalu menemani dengan ocehan merdunya. Winamp dibuat dari Bahasa pemograman C. System operasi windows seperti XP yang dibuat dengan 40 juta baris juga terdapat koding C. Kalau windows 7 atau windows 8 berapa puluh juta baris ya? wah butuh puluhan tahun tuh kalau dibuat sendirian, hehe. System operasi Linux juga dibangun dari coding C.

Tahun 1972 Ritchie membuat bahasa C untuk system operasi UNIX pada sebuah laboratorium Bell Telphone Laboratories. Bahasa C yang dibuat oleh Ritchie merupakan dasar system operasi modern yang ada saat ini seperti Apple, Linux, Android. Tanpa jasa Dennis Ritchie mungkin kita tidak akan mengenal aplikasi-aplikasi yang kita pakai saat ini.
Sejarah bahasa pemograman C
Ritchie lulusan Universitas Hardvard tahun 1963 dalam bidang Fisika dan mengambil gelar Ph.D pada Matematika. Nah bagi rekan yang mau jadi programmer harus rajin-rajin belajar Matematika ya.. :) Lihat Anti Virus Lokal Smadav, siapa foundernya? Zainuddin Nafarin itu pakar Matematika loh..

Tahun 1978 Ritchie menulis buku panduan Bahasa C dengan judul "The C Programming Language" yang kemudian buku tersebut banyak diklaim sebagai kitab suci Bahasa C. Juga buku tersebut sebagai referensi utama bagi siapa saja yang ingin mempelajari Bahasa C.

Dalam usia 70 tahun Dennis Ritchie ditemukan meninggal dunia pada 12 Oktober 2011, di rumahnya sendiri, di Berkeley Heights, New Jersey. Berita kematiannya diketahui pertama kali dari seorang mantan koleganya, Rob Pike. Ritchie diketahui berada dalam kondisi kesehatan yang lemah sejak beberapa tahun lalu setelah menjalani pengobatan kanker prostat dan penyakit jantung.

Kematiannya hanya berselang satu minggu setelah kematian Steve Jobs, namun tidak terlalu banyak menjadi topik pemberitaan media massa. Mungkin Dennis Ritchie tidak dikenal sebagai pembuat aplikasi-aplikasi kontemporer seperti Apple miliknya Steve Jobs.  Namanya selalu saja dibawah radar (tidak terdeteksi). Tapi kalau saja orang-orang mau melihat lebih dalam lagi dengan Microskop kesetiap komputer yang kita pakai hari ini, disitu ada karya besar sang guru (Dennis Ritchie). Moga manfaat.

Baca juga Pengertian dan sejarah Bahasa Pemograman Komputer

4 comments:

  1. wah sungguh luar biasa mas, ilmuwan yang menciptakan bahasa C ini, kok muat ya kepalanya bisa memikirkan progam segitu banyaknya, hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang seperti itu biasanya nalar dan logikanya melebihi orang biasa kebanyakan mas.....karena mereka bermain kode dan mengutakatik kode perintah

      Delete
    2. getop karena suka makan makanan yag bermutu, :D kaya jagung dan singkong :D

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan