Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Input Huruf Saja di Editbox Delphi

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Editbox dengan Karakter Huruf Saja - Kali masih berkenaan dengan control input data pada bahasa Delphi. Bisa dikatakan ini hanya dasar-dasar yang perlu diketahui sebelum rekan membuat program atau aplikasi di Delphi. Sama seperti di Visual Basic, pada pemograman Delphi kita juga bisa membatasi karakter tertentu saja pada setiap editbox yang dibuat di form program.

Diartikel ini tentang bagaimana cara membatasi karakter huruf saja pada editbox atau disebut juga dengan TEdit. Hal ini akan menghindari kesalahan user atau pengguna program ketika melakukan input data. Kalau kita perhatikan pada susunan angka dan huruf di keyboard deretan angka yang berdekatan seperti huruf O dengan angka 0.

Koding atau script untuk mengunci editbox hanya untuk karakter huruf saja kita masukan pada Event OnKeyPress editbox yang bersangkutan. Cara mudah membuat editbox huruf di Delphi :

1. Rancang programnya terlebih dahulu
cara membuat huruf saja pada editbox delphi
2. Klik editbox, kemudian pilih tab event dan klik dua kali di OnKeyPress. kemudian masukan mantera dibawah ini :

if not (key in['a'..'z','A'..'Z',#8,#13,#32]) then
key:=#0;



Lakukan hal yang sama pada editbox lain yang hanya diisi dengan karakter huruf saja. Dengan menambahkan script diatas pada OnKeyPress editbox maka setiap user yang menginput data selain huruf, editbox akan tetap kosong.
 cara buat angka atau huruf saja di editbox delphi
Mungkin rekan bertanya tentang angka 8, 13, dan 32 pada script diatas. Angka 8 merupakan kode Ascii dari tombol hapus atau backspace, angka 13 kode Ascii dari tombol spasi dan angka 32 merupakan kode ascii dari tombol enter. Jadi tombol enter, hapus dan spasi merupakan pengecualian, dan tetap bisa difungsikan. Moga bermanfaat, begitulah.

Baca juga Cara membatasi editbox dengan data angka saja

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan