Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Memilih Lokasi Server Blog Yang Tepat

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb


Lokasi Server Webhosting Terbaik - Memilih lokasi server yagn tepat sangatlah penting jika rekan membeli sebuah shared hosting, VPS hosting atau yang lebih mahal lagi dedicated server. Mengapa memilih server untuk blog itu penting? Apa pengaruhnya jika kita membeli server hosting yang kurang tepat?. Sebagai webmaster yang menjadikan blognya sebagai penghasil pundi-pundi dollar, pemilihan lokasi server blog harus diperhatikan.

Beberapa alasan kenapa harus pakai lokasi server yang tepat antara lain, dalam hal kecepatan. Semakin jauh lokasi server maka ping akan semakin besar, otomatis loading blog akan sedikit berpengaruh. Maka para pengguna internet SSH lebih memilih lokasi server di Singapura, dengan alasan kecepatan aksesnya cukup bagus dalam membuka web-web luar negeri dan dalam negeri. Lokasi server secara garis besar adalah Indonesia, Eropa, USA dan Asia Pasifik.

Baca juga Sewa VPS untuk bisnis akun SSH
memilih lokasi server yang bagus
1. Lokasi server Indonesia
Bagi para blogger memilih server yang terletak di Indonesia adalah tepat jika target trafik yang kita inginkan dari lokal. Apalagi rekan menyewa sebuah VPS (Virutal Private Server) yang digunakan untuk internet tunelling (SSH) atau VPN untuk menjalankan game online, memilih server lokal akan mempermudah hal tersebut. Kelemahannya adalah harganya terpatok cukup mahal dibandingkan dengan server luar seperti US, Kanada dan lain-lain. Jika rekan membuat sebuah blog dengan trafik luar negeri seperti negara premium Inggris, Kanada ataupun US, server lokal tidak cocok dijadikan sebagai webhosting.

2. Lokasi server Asia Pasifik
Singapore, Malaysia, Hongkong dan lain-lain merupakan pilihan bagi rekan yang menginginkan letak server diwilayah Asia Pasifik. Untuk lokasi server wilayah pasifik saya pribadi lebih memilih Singapura, bisa SG.GS dan SG.DO. Untuk cara melakukan order si server SG.DO silahkan baca Cara membuat VPS di Digital Ocean dengan mudah.

Lokasi server di Asia pasifik seperti Singapura akan bagus jika rekan menggunakan internet SSH. Karena koneksinya cukup mengharukan dalam membuka website luar maupun lokal. Tapi sayang rekan harus merogoh kocek lebih jika dibandingkan dengan server yang berada si USA. Untuk blog yang memfokuskan untuk mendapatkan visitor premium sepertinya kurang tepat. Dan satu lagi yang suka memasang software torent di server Singapura setahu saya akan berakibat di suspend.

3. Lokasi server US
Lokasi server yang berada dibagian barat seperti Washington DC, Los Angeles merupakan lokasi yang terbilang bagus karena jaraknya dekat dengan Asia pasifik termasuk Indonesia. Untuk SSH saya kira server US masih dibawah server Singapura. Jika untuk blog tentu saja server US menjadi pilihan saya. Yang suka bermain torent sepertinya server US cukup dapat diandalkan.

Lokasi US bagian timur seperti Florida banyak yang berpendapat kurang bagus, karena lokasinya jauh dari Asia Pasifik seperti Indonesia sehingga ping cukup besar dan berakibat lambatnya respon. Tapi anggapan itu saat ini tidak tepat, karena Asia pasifik sudah memasang kabel fiber optik kebagian US barat maupun timur.

4. Lokasi Server Eropa
Saya pribadi belum pernah menggunakan server yang berlokasi di Eropa seperti London, Prancis maupun jerman. Sepertinya harga diserver diwilayah eropa cukup mahal, karena diklaim kualitasnya bagus. Tapi lagi-lagi untuk menjalankan game online, memilih server Eropa sungguh sangat tidak mengharukan. Berbicara server Blog dengan trafik luar seperti London adalah pilihan yang cerdas.

Jelilah dalam memilih lokasi server, baik untuk tujuan internet tuneling, server game, radio online maupun untuk mendulang dollar dengan mengorbitkan mesin-mesin seperti CMS wordpress. Ikuti perkembangan dengan melakukan join di group-group yang membahas seputar server. Moga bermanfaat, begitulah.

Baca juga VPS Murah $5 gratis $10 dari server Singapura.

2 comments:

  1. wah jadi inspirasi buat saya nih mas dalam membangun dan memilih server yang bgus nantinya buat blog, makasih sharingnya mas

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan