Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mengenal Bahasa Pemograman HTML

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Sejarah Bahasa Pemograman HTML - Mengutip dari Wikipedia Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML adalah sebuah Bahasa Pemograman yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML sebenarnya hanya merupakan dikumen ASCII atau teks biasa yang tidak dirancang untuk System Operasi tertentu sehingga berjalan diberbagai macam system operasi. HTML berjalan tanpa compiler sehingga dapat langsung ditampilkan pada browser.
sejarah bahasa pemograman HTML
Beberapa kelebihan Bahasa Pemograman HTML :

  1. Dapat berjalan di semua platform System Operasi, sehingga bahasa ini bersifat fleksibel karena ditulis dengan intruksi ASCII. 
  2. Dapat menampilkan gambar dalam bentuk statis atau dinamis (animasi).
  3. Mendukung animasi yang dibuat dari macromedia flash atau Shockwave, namun harus ditambahkan plugin khusus untuk menampilkan file yang bersifat animasi tersebut. 
  4. Bisa disisipi dengan Bahasa Pemograman lain seperti PHP, Perl, Javascript dan lain-lain.  
Kekurangan bahasa pemograman HTML adalah banyaknya tag-tag sehingga membuat bingung yang masih awam mempelajasi Bahasa ini. Secara default tidak bersifat interaktif sehingga client tidak bisa berinteraksi dengan server. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyisisipi HTML dengan Bahasa Perl maupun Tcl. 

Apakah HTML sama dengan Bahasa Pemograman XML (Extensible Markup Language) yang digunakan oleh Blogspot?. Banyak terdapat persamaan antara HTML dan XML, namun ada perbedaan mendasar antara kedua Bahasa Pemograman tersebut terutama dalam penggunaan Tag-tag. HTML menggunakan tag-tag baku seperti <table> <marquee> sementara XML kita bisa mendefenisikan tag-tag seperti <pesan> <kepada>. Namun ini bisa dipahami karena HTML hanya menampilkan data dan bagaimana data ditampilkan. XML bersifat mendefenisikan suatu data. 

Pada umumnya terdapat 4 elemen dalam HTML : 
  1. Link. Memungkinkan membuat sebuah tautan. Seperti ingin menautkan data dari situs lain.
  2. Style Teks. Meliputi proses merubah warna, penebalan, memiringkan huruf dan lain-lain. 
  3. Pembuatan objek. Ini meliputi pembuatan objek seperti garis hosrizontal, tombol dan lain sebagainya. 
  4. Struktur teks. Menggunakan struktur teks seperti Heading 1, Heading 2, body dan lain-lain. 
Itulah sekilas info tentang mengenal Bahasa Pemograman HTML, serta kelebihan dan kekurangan dari HTML. Moga bermnafaat, begitulah. 


2 comments:

  1. Dari dulu ingin belajar pemograman web namun belum kesampaian kira-kira bisa nggak mas belajar secara otodidak?Mau kursus tapi biayanya cukup mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja mas. belajar diinternet aja. bahasa pemograman itu ciptaan manusia aja tuh. :D

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan