Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Larry Ellison Sang Pencetus Database Oracle

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Dibalik Kisah Sukses Perusahaan Oracle - Ya Oracle merupakan sebuah perusahaan Database terbesar didunia. Rata-rata gaji karyawan di Oracle sekitar 106.350 dollar pertahun atau sekitar 106 juta perbulan, angka ini jelas diatas siraksasa Google yang gaji rata-rata karyawannya106.104 dollar pertahun. Ini merupakan gambaran bahwa Oracle merupakan sebuah perusahaan sukses dan terus berkibar hingga hari ini.

Namun siapa sangka, dibalik kesuksesan tersebut terdapat kisah inspiratif yang patut menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita bersama. Lagi-lagi Teknopreneur yang satu ini drop out dari bangku kuliahnya. Sama seperti pendiri Apple Steve Job, Bill Gates Microsoft, Facebook Mark Zuckerberg, Dell oleh Michael Dell dan perusahaan-perusahaan besar IT lainnya.

Ellison keluar dari University of Illinois pada tahun kedua kuliahnya. Setelah itu ia memutuskan untuk berkarir sebagai seorang ahli data system. Dan mendirikan Oracle pada tahun 1977 karena terinspirasi oleh sebuah Paper karya Edgar F. Codd mengenai Database system dengan judul “Relational Model of Data for Large Shared Data Banks.”
Perjalanan kisah sukses Oracle
Sebagai pengganti kuliahnya yang gagal Larry memutuskan untuk belajar kursus Komputer dengan biaya yang lebih murah. Dari kursus Komputer tersebutlah ia semakin cinta dengan hal yang berhubungan dengan Komputer. Selesai kursus ia pindah ke California untuk mencari pekerjaan, awalnya banyak kendala yang ia jumpai karena banyak perusahaan yang menolaknya disebabkan hanya berbekal Ijazah kursus saja. 

Namun karirnya semakin melejit ketika menjadi seorang Programmer di Ampex. Di tempat kerjanya tersebut ia mendapatkan ide untuk mencoba membuat sebuah database yang canggih. Dari sinilah nama Oracle mulai muncul. Jiwa bisnis Ellison mulai berkata bahwa Structured Query Language (SQL) hasil pemikiran Codd jika terus dikembangkan maka akan dapat mendatangkan banyak uang. 

Tahun 1977 bersama CEO Ampex dan rekannnya Ed Oates mendirikan perusahaan dengan nama Software Development Labs, kemudian berubah menjadi Relational Software Incorporation dan akhirnya berubah menjadi Oracle Corporation pada tahun 1983. 

Kisah inspiratif yang luar biasa rekan. Apa sebenarnya rahasia para pendiri Perusahaan IT yang notabenenya kebanyakan orang yang gagal dalam dunia Pendidikan? jawabannya adalah karena mereka bertahan pada obsesi yang mereka miliki dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya sekedar termotivasi. 

Jelas ini bukan perkara tentang bakat atau kecerdasan. Karena kesuksesan bukan karena Itelejensi otak, maupun penampilan fisik yang menarik. Tapi Tumbuh dari kualitas diri yang berjuang, bersedia pantang menyerah dan tak pernah ada kata usai dalam meraih Mimpi.

Ini mengingatkan kita pada perkataan Einsten Its Not That I Am So Smart, Its Just That I Stay With Problems Longer, dirinya tidaklah pintar, terlebih lagi cerdas, ia hanya bertahan dalam suatu persoalan dalam jangka waktu yang lama. 

Jadi ini bukan perkara seberapa lihai rekan menjawab soal-soal diatas kertas untuk mendapatkan Score yang bagus. Juga bukan seberapa hebat bakat yang tertanam dalam diri rekan. Jika semua itu tidak diringin dengan tekad penuh komitmen, yang berani gagal dan pantang menyerah, semua itu akan sia-sia. Moga bermanfaat, begitulah. Kayaknya.    

Baca juga Menelisik kesuksesan Game Flappy Bird 

2 comments:

  1. Kesuksesan dari oracle memang mengantarkannya menjadi raja database ya. Harapan kedepannya tentu generasi bangsa Indonesia banyak yang memiliki mental-mental seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups semoga generasi bangsa ini juga mempunyai mental teknopreneur seperti ellison

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan