Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Menghapus Baris Table MySQL dari CMD

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Hapus Record Table MySQL dengan CLI -  Memanajemen sebuah database baik menghapus, merubah ataupun menambah merupakan hal sangat sering kita lakukan. Disini kita akan sedikit mengotak atik kode CLI (Command Line Interface) SQL untuk memanipulasi data tabel pada database MySQL yaitu memahami perintah hapus atau delete pada sebuah record atau seluruh isi table yang telah di create dengan MySQL.

Perintah untuk menghapus record pada table MySQL kita akan menggunakan perintah DELETE. Disini saya asumsikan rekan sudah membuat sebuah database serta tabel yang sudah ada datanya. Untuk membuat database, table dan mengisi data silahkan baca artikel yang ada di link dibawah ini.
cara hapus data tabel mysql
Cara membuat database MySQL dari Command Prompt
Cara Membuat Tabel di Database MySQL
Cara mengisi Data pada tabel MyQSL secara manual

Untuk menghapus record di table MySQL kita akan menggunakan mantera berikut :

DELETE FROM nama_table [WHERE kondisi];
DELETE FROM mahasiswa WHERE nim '0076';

Perintah diatas akan menghapus mahasiswa yang memiliki nim 0076. Yang mana nim merupakan nama sebuah field dari tabel Mahasiswa. Sebenarnya perinta DELETE bisa kita kombinasikan dengan AND. 

Contoh :  DELETE FROM mahasiswa WHERE nim '0076' AND '0077';

Perintah diatas akan menghapus Mahasiswa yang mempunyai Nim 0076 dan 007. 

Bagaimana cara menghapus beberapa record secara berurutan sekaligus? Kita bisa menggunakan perintah ORDER BY LIMIT. Dengan sebelumnya kita akan mengurutkan berdasarkan nim (misalnya). 

SELECT * FROM mahasiswa ORDER BY nim;
DELETE from mahasiswa ORDER BY nim DESC LIMIT 3;

Perintah diatas akan menghapus record 3 baris terakhir dari table mahasiswa. Untuk melakukan penghapusan seluruh isi tabel MySQL maka kita menggunakan perintah DELETE tanpa diikuti oleh WHERE. 

DELETE FROM mahasiswa;

Dengan menggunakan perintah delete from diikuti dengan nama table, maka berapapun isi tabel otomatis akan terhapus. Perintah TRUNCATE juga bisa digunakan untuk menghapus semua data pada tabel. TRUNCATE akan lebih cepat karena ia akan melakukan penghapusan tabel dan membuatnya ulang tabel yang sudah dihapus. Sedangkan perintah DELETE from prosesnya menghapus satu persatu record data. Bayangkan jika rekan mempunyai data yang cukup banyak, akan lebih cepat menggunakan TRUNCATE. Tapi kalau perbedaan waktunya ga sampai satu menit ya sama doang yah, hihi.

TRUNCATE TABLE mahasiswa;

Demikian perintah untuk menghapus data pada tabel, baik menghapus data berdasarkan kriteria tertentu, menghapus sekian jumlah record dan mengosongkan isi tabel semuanya. Moga bermanfaat, begitulah. 


2 comments:

  1. makasih banyak sudah berbagi ilmunya mas mengenai cara menghapus baris table mysql,

    ReplyDelete
  2. saya yang dasar saja belum paham mas.hehe

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan