Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Menu Utama Program di Delphi

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Menu Utama dan Sub Menud pada Delphi - Menu utama program yang dibuat dari Bahasa Pemograman apapun merupakan hal yang sangat penting sekali. Untuk memudahkan navigasi dalam memanggil Form program yang telah kita buat dalam sebuah project. Dengan menu utama membuat form program akan teroganisasi dengan rapi. Dan juga dapat mengelompokkan form aplikasi sesuai dengan kategori-kategori tertentu.

Untuk membuat menu utama di delphi diperlukan sebuah Form baru dan komponen MainMenu yang terdapat pada tab komponen Standart. Kita akan menambahkan menu dengan terlebih dahulu melakukan klik dua kali pada komponen MainMenu yang telah kita tambahkan tersebut.

Langkah-langkah membuat menu utama pada Bahasa Borland Delphi :

1. Tambahkan sebuah form baru dengan File --> New --> Form atau dengan mengklik toolbar new form di sisi kiri atas program Delphi.
2. Tambahkan komponen Mainmenu pada tab komponen Standar.
cara buat menu utama program di delphi
3. Klik dua kali kompoonen tersebut. Kemudian klik pada kotak kosong dan isi nama menu pada bagian Caption di object inspector. Untuk menambah menu kekanan klik kotak kosong arah kanan dan untuk membuat menu dropdown pilih kotak arah bawah. Setelah selesai silahkan close.
cara koneksi menu delphi dengan form
Untuk proses pemanggilan form program melalui menu yang telah kita buat diatas, silahkan klik dua kali pada menu yang diinginkan dan masukan koding berikut. Misal kita ingin memanggil form data mata kuliah yang kebetulan pada form1.

procedure TForm4.InputDataMataKuliah1Click(Sender: TObject);
begin
    form1.show;
end;

Yang perlu diperhatikan lagi adalah menambahkan uses unit pada bagian implementation agar form aplikasi yang kita tampilkan tersebut dapat berjalan. Misal data mahasiswa adalah form 1, untuk melihat unit berapa form 1 tersebut, maka silahkan klik form mahasiswa kemudian pilih tombol view unit pada bagian kiri atas program Delphi.
cara memanggil form aplikasi dari menu utama delphi
Sekarang kita tambahkan unit2 tersebut (form1/data mahasiswa) pada bagian implementation dengan scroll mouse keatas.

implementation
      USES UNIT2; 

Lakukan hal yang sama pada form lain yang ingin kita panggil melalui menu program Delphi yang kita buat. untuk menambahkan unit pada form lain di implementation bisa dilakukan dengan menambahkan tanda koma setelah unit sebelumnya. Misal :

implementation
      USES UNIT2, UNIT3, UNIT4; 

Demikian tutorial kali ini tentang cara mudah menambahkan menu utama pada program delphi serta cara memanggil Form program pada menu tersebut. Moga bermanfaat. Begitulah kira-kira.

Baca juga Cara menambahkan DBGrid pada Form Delphi.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan