Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menambahkah Form dengan Mudah di Dreamweaver

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Form Login, Form Komentar, Registrasi di Dreamweaver - Masih berhubungan dengan Bahasa Pemograman Web PHP menggunakan software Adobe Dreamweaver. Kali ini bagaimana membuat sebuah form pada website atau blog. Oh ya.. Saya sering menggandeng istilah website dengan blog, Sebenarnya istilah blog kuranglah tepat jika kita berbicara pada bahasa pemograman PHP. Karena blog biasanya dibangun dari CMS (content management system) seperti drupal maupun wordpress walaupun CMS tersebut juga dibangun dari bahasa PHP.

Sedangkan istilah website untuk membangun sebuah platform tanpa bantuan CMS. Namun istilah blog saya gunakan agar content ini lebih ramah di mesin search engine, karena kata blog lebih familiar dikalangan para netter. Hm.. ini hanya intermezo za, saya tidak bermaksud membahas SEO di tulisan ini, hehe.
 
Banyak sekali macam form untuk melengkapi website atau blog yang kita bangun, misalnya form login, form registrasi atau form komentar para pengunjung untuk mengomentari content yang kita hadirkan. Disini kita akan membuat design sebuah form sederhana yang belum terintegrasi pada sebuah database MySQL. Untuk menjalankan form yang kita buat nantinya pastikan webserver sudah aktif jika rekan menggunakan locallhost, bisa menggunakan XAMPP karena sudah tersedia didalamnya webserver Apache. Namun untuk website yang langsung dionlinekan saya lebih menyukai webserver Nginx daripada Apache karena ringan dan tidak memakan resource RAM yang besar.

Baca juga Cara mengganti webserver Apache ke Nginx di panel Webuzo

Langkah-langkah membuat form di Adobe Dreamweaver :
1. Buat file baru PHP dengan New --> PHP --> Create.
2. Tambahkan Form dengan cara Insert --> Form --> Form
3. Supaya form yang dibuat tertata dengan rapi maka kita tambahkan sebuah tabel dengan cara Insert --> Table. Pada studi kasus ini saya menggunakan 3 kolom dan 7 rows.
cara membuat form login di dreamweaver
4. Pada kolom pertama silahkan tulis judul item yang ingin diinputkan pada kolom ketiga. Untuk kolom kedua isi dengan tanda : (titik dua). Kolom ketiga isi sesuai dengan kriteria input. Disini saya menggunakan text field, text area, button, checkbox dan select (list/menu). Untuk menambahkan pilihan pada select (list/menu) silahkan isikan pada list values.

Untuk mengisi kolom ketiga tersebut, pilih insert --> Form --> (yang akan ditambahkan, misalnya button, text field dan lain-lain). Untuk menghilangkan garis tabelnya silahkan buka tab code dan ganti nilai pada border keangka nol seperti screenshot dibawah ini :
cara menambahkan form di website PHP
Kemudian tambahkan button submit dan reset. Tombol submit digunakan untuk mengeksekusi sehingga data yang diinputkan dapat tersimpan. Sedangkan button reset untuk mengosongkan item form. Pada button reset jangan lupa memilih pilihan reset form pada bagian action.

Setelah selesain silahkan simpan, selanjutnya rekan bisa memanggil form yang baru kita buat dari menu website. Moga bermanfaat.

Baca juga  Cara menambahkan menu website pada Dreamweaver.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan