Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Menambahkan DBGrid Pada Form Delphi

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Menggunakan DBGrid Pada Program Delphi - DBGrid pada bahasa Delphi atau dikenal dengan DataGrid pada Bahasa Visual Basic adalah sebuah komponen yang disediakan Delphi untuk menampilkan data tabel kedalam Form program atau aplikasi yang kita buat, sehingga sangat memudahkan kita dalam melakukan pengecekan, pengeditan maupun menghapus data yang tidak diperlukan karena dengan DBGrid navigasi antar data atau record dapat dilakukan dengan cepat.

Untuk menambahkan DBGrid pada program Delphi diperlukan sebuah Adoquery dan Datasource sebagai penghubung DBGrid dengan Adoquery. Dalam artian pada sebuah form program kita menggunakan dua Adoquery. Adoquery 1 digunakan untuk proses penyimpanan data seperti pada contoh program simpan, edit, hapus data pada Delphi, dan Adoquery 2 untuk menampilkan data pada DBGrid yang dikombinasikan dengan komponen Datasource sebagai penghubung.

Disini saya asumsikan rekan sudah memahami cara menyimpan data di program Delphi, karena ditulisan ini saya hanya akan fokus ke DBGridnya saja. Untuk penyimpanan data bisa dibaca juga diartikel ini Contoh program pakai database di delphi. Dengan menambahkan DBGrid maka ada script yang perlu ditambahkan pada button simpan, edit maupun hapus data yaitu :

adoquery2.SQL.Clear;
adoquery2.SQL.Add('select * from mahasiswa');
adoquery2.Open;


Koding diatas untuk menampilkan langsung data ke DBGrid ketika button simpan, edit maupun hapus dieksekusi.
Langkah-langkah membuat DBGrid pada From Program Delphi : 

1. Tambahkan Adoquery 2, karena Adoquery 1 untuk proses penyimpanan data. pada Adoquery2 atur properti pada bagian SQL Tstrings, tuliskan coding select * from namatabel. Misal select * from mahasiswa. pada bagian aktive pilih true untuk memastikan koneksi datanya sudah benar dengan sudah tampilnya data pada tabel ke DBGrid yang baru kita tambahkan
cara menambahkan datagrid di delphi
2. Tambahkan komponen Datasource pada tab DataAcces. Atur properti Datasource pada bagian set ke Adoquery2. Perhatikan screenshoot dibawah ini :
tutorial DBGrid di Form Delphi
3. Tambahkan DBGrid pada tab DataControl. Klik pada DBGrid kemudian pada object inspect (properti) pilih datasource1 pada bagian datasource. 
cara menampilkan data tabel di form delphi
4. Tambahkan coding ini pada button simpan, edit dan hapus

adoquery2.SQL.Clear;
adoquery2.SQL.Add('select * from namatabelnya');
adoquery2.Open;

Nah.. dengan memperhatikan langkah-langkah proses penambahan DBGrid di Delphi jauh lebih sulit bin berbelit (hehe) dibandingkan dengan menambahkan DataGrid pada Bahasa Visual Basic. Namun saya kira ini bisa dipahami karena Bahasa Visual Basic adalah bahasa yang terintegrasi dengan System Operasi Windows karena sama-sama dibuat oleh Microsoft. Sedangkan Delphi merupakan bahasa tersendiri yang dibuat oleh Borland. Moga bermanfaat. 

******

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan