Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mendesain Halaman Website dengan Dreamweaver

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Website Menggunakan Bahasa PHP - Ditulisan sebelumnya tentang Apa itu Dreamweaver dan kelebihannya dalam merancang website  telah dipaparkan bahwa dengan bermain secara Visual akan memudahkan kita untuk merancang terutama tampilan dari halaman website yang akan kita buat. Dengan Adobe Dreamweaver kita akan bermain dengan visual PHP.

Walaupun demikian, sebagai nyawa atau pondasi sebuah website, menghubungkannya ke database ataupun menampilkan data akan diperlukan code-code dalam Bahasa pemograman PHP. Nah.. diartikel ini kita hanya akan membuat contoh desain satu halaman saja dengan Bahasa Pemograman PHP menggunakan Dreamweaver.

Baca juga Cara mengganti Webserver Apache ke Nginx

Halaman yang akan kita rancang tersebut terdiri dari bagian header yang bisa kita sisipkan gambar, logo dan lain-lain. Selanjutnya bagian menu website, Isi atau tempat penempatan konten, satu sidebar dan bagian paling bawah footer. Langkah-langkah membuat halaman web menggunakan Dreamweaver dengan memanfaatkan fitur table yang telah disediakan oleh software ini.

Karena PHP berjalan pada sebuah webserver, maka rekan harus menyediakan sebuah webserver untuk menjalankan script dan desain yang akan kita buat nantinya. Rekan bisa menggunakan XAMPP, karena sudah terbundle webserver Apache dan database MySQL.

Baca juga Apa itu XAMPP dan kegunaannya?

1. Masuk ke Dreamweaver. Buat projek baru dengan memilih PHP.
2. Piliha tab Design. Pilih Insert --> Table. Pada bagian rows isi 4 dan colums 2. Kemudian drag table hingga keukuran yang diinginkan.
belajar cara membuat web dengan PHP
 3. Gabungkan cell header, menu dan footer dengan cara melakukan select pada cell yang akan digabungkan. Klin kanan --> Table --> Merge Cells.
cara desain halaman web dengan PHP
 4. Sehingga tampilan seperti screenshoot dibawah ini. Letakan kursor pada bagian header untuk menambah ukuran tingginya. Isikan 100 pada header, 32 pada menu, 500 pada tempat konten dan 32 pada bagian footer. Kemudian drag kekiri pada bagian yang akan dibuat sidebar di rows konten.
tutorial dreamweaver untuk pemula
 5. Selanjutnya tambahkan warna pada setiap bagian sesuai keinginan dengan cara meletakan kursor di area yang akan diberi warna, kemudian pilih warna pada bagian BG.
membuat website dinamis di dreamweaver
 6. Simpan desain yang telah dibuat. Simpan ditempat dimana XAMPP diinstallkan. kemudian jalankan melalui locallhost di browser.
tips mudah belajar bahasa pemograman PHP
Itulah tutorial merancang sebuah halaman web menggunakan Adobe Dreamweaver. Untuk menambahkan menu, halaman profil, aboutme dan contact us, membuat link serta menambahkan Form akan dibahas pada tulisan yang akan datang. Moga bermanfaat.

Baca juga Apa itu Apache dan Nginx?

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan