Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Mengenal Pusat Teknologi Dunia Silicon Valley

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Apa itu Silicon Valley ? - Selamat datang kembali rekan. Semoga kami temui selalu dalam bimbingan HidayahNya, amin. Hm.. Dah lama tak update diblog ini, dikarenakan kesibukan, fokus pada projek baru supaya hasil dollarnya lebih gurih, sehingga asap dapur tetap bisa mengepul, Ea.. :).

Sebelum membahas apa itu Silicon Valley, tentu saja setiap kita tidak bisa lepas dari perangkat-perangkat teknologi yang sangat membantu dalam keseharian kita. Sebut saja Gadget, Laptop, Smartphone. Baik rekan sebagai seorang Mahasiswa, karyawan kantoran, pebisnis online ataupun seorang pekerja biasa tidak bisa lepas dari perangkat-perangkat teknologi diatas.

Nah.. Berbagai macam perangkat teknologi tersebut dengan berbagai macam mereknya sangat erat hubungannya dengan Silicon Valley. Karena pada umumnya perangkat teknologi yang kita gunakan hari ini di produksi di kawasan Silicon Valley. Bahkan kemaren saya menerima surat PIN Google untuk akun adsense atas nama istri saya juga dikirim dari kawasan ini loh ya.. hehe. Dimanakah itu Silicon Valley?.
dimana letak silicon valley
Silicon Valley adalah kawasan yang terletak di California Amerika Serikat, Silicon Valley dikatakan sebagai kiblat dunia dalam bisnis teknologi. Perusahaan-perusahaan teknologi dunia yang berada di Silicon Valley diantaranya : Google, Yahoo, Adobe System, Apple Inc, Ebay, Intel, nVidia, Sun Mrosystem, Hewlett-Packard (HP),  San Disk, Advanced Micro Devices (AMD), Oracle, Maxtor, NetApp dan lain sebagainya.

Bagaimana asal usulnya sehingga Silicon Valley menjadi pusat teknologi dunia saat ini ?
Berkembang pesatnya Silicon Valley tak lepas dari hasil riset dari Stanford University yang ada dikawasan ini yang kemudian ditangkap oleh para teknopreneur. Ya.. bisa dikatakan institusi pendidikan Stanford University yang berdiri tahun 1891 menjadi kunci perkembangan di Silicon Valley.

Setelah Prof. Fred Terman menjadi Dekan Fakultas Teknik di Stanford University, ia sangat banyak memainkan peran dalam menjembatani riset-siret dalam dunia industri. Pada tanggal 1 January tahun 1939 dua orang lulusan dari Universitas tersebut kemudian mendirikan perusahaan yang kita kenal hari ini dengan nama Hewlett-Packard (HP) yang berkembang pesat di kawasan Silicon Valley. Kemudian diikuti oleh perusahan-perusahaan lain seperti Apple, Yahoo dan lain-lain.

Ketika menjadi Dekan Fakultas Teknik di Stanford University Prof. Fred Terman sangat bingung dan frustasi menghadapi persoalan langkahnya lapangan kerja bagi lulusan Fakultas Teknik, sehingga ia memutuskan untuk mendanai perusahaan yang didirikan oleh kedua muridnya (HP).

Perkembangan Silicon Valley juga tak lepas dari imigran dari China dan India. Ya. India yang kita kenal selama ini sebagai negara yang biasa saja ternyata banyak berperan dalam perkembangan teknologi Dunia. Posisi penting di Perusahaan berkelas seperti Microsoft maupun Google banyak dari orang India. Bahkan jika kita perhatikan ketika kita membuka Software Photoshop disana terpampang dua Engineering India. Demikian sekilas tentang Silicon Valley, Moga bermanfaat.

Selanjutnya Kenapa Teknologi India lebih maju dari Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan