Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Tokopedia Pelopor Startup Ecommerce Berbentuk Market Place

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Perjalanan William Membangun Tokopedia - Peristiwa itu terjadi pada tahun 2009. Ketika William Tanuwijaya mengikuti Awarding Night Bubu Award v06. Saya sedang mengantri untuk melakukan registrasi pada panitia. William mengatakan pada panitia tersebut bahwa dirinya juga sebagai salah satu finalis pada malam itu dari Tokopedia. Awalnya panitia kaget karena ia pikir pendiri Tokopedia adalah Bapak-bapak, sementara william pada waktu itu kelihatan seperti anak SMP.

Salah satu kebanggaan Tokopedia adalah lulus sebagai nominator ICT Award 2009 dan Bubu Award v06. Padahal pada waktu itu Topkopedia masih versi BETA, sementara nominator yang lain bisa dikatakan sudah eksis dalam menghadirkan konten digital dot com mereka.
Perjalanan William Membangun Tokopedia
Namun siapa sangka ketika Sarah Sechan mengumumkan nominator yang menang pada malam itu. “And the winner is… TOKOPEDIA“.  Tiba-tiba saja tepuk tangan dan mengucapkan selamat pada William Tanuwijaya. William tiba-tiba panik dan sepertinya tidak siap, "Mustahil" kata itulah yang terbetik dihatinya.

Pesan moral apa yang bisa petik dari peristiwa diatas? Bahwa semuanya bisa menjadi mungkin, tidak ada yang tidak mungkin. walaupun Tokopedia waktu itu masih BETA Version. Selama kita mempunyai jiwa pantang menyerah dan memiliki dedikasi yang tinggi. Penghargaan akan datang dengan sendirinya.

Tokopedia merupakan perusahaan Ecommerce berbentuk Market Place yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Suntikan dana yang sangat besar ke Tokopedia senilai 1,2 triliun membuat Startup lokal ini kian meroket. Yang dilunya promosi Tokopedia masih terbatas di Gogole Adward, kini sudah merambah ke Iklan Televisi. Ditunjuknya Chelsea Islan sebagai Brand Ambassador adalah salah satu langkah gebrakan menunjukan bahwa Tokopedia adalah perusahaan berkelas.

Sebuah kutipan luar biasa dari william "Saya pun menyadari bahwa membangun perusahaan internet itu umumnya tidak bisa langsung untung dan otomatis butuh modal besar"."Tujuan saya dari kuliah itu sebenarnya bukan cuma hanya untuk mencari ilmu, tapi juga akan membangun relationship. Teman-teman kuliah nantinya setelah lulus dari kampus, ada yang kerja di berbagai perusahaan yang bertebaran dimana-mana, ada yang membangun bisnis sendiri, dan itu sebenarnya bisa jadi modal relationship awal kita untuk terjun kedalam dunia bisnis,".

2 comments:

  1. kayaknya sekarang ini orang lebih suka beralih ke toko pedia ya mas

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan