Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mengosongkan StringGrid Delphi

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Menghapus Data Pada StringGrid Pada Delphi - Salah satu fungsi komponen StringGrid di Bahasa Pemograman Delphi adalah untuk menampung data kemudian dikalkulasikan guna mendapatkan nilai total. Misalnya dalam program penjualan barang, maka kemungkinan besar terjadi transaksi beberapa item pembelian oleh pelanggan yang sama. Item barang yang dibeli tersebut dikalkulasikan atau ditampung pada component stringgrid.

Nah untuk melakukan input data baru dengan ID pelanggan baru, maka stringgrid yang telah terisi data pelanggan sebelumnya perlu dikosongkan untuk menambahkan item baru atau pembelian dengan barang yang dikehendaki oleh pelanggan baru tersebut.

Seperti screenshot form transaksi jual website dibawah ini. Ketika transaksi satu pelanggan telah selesai, untuk melakukan input data pelanggan baru dilakukan dengan tombol Add. Pada tombol Add inilah yang akan kita tambahkan perintah untuk mengosongkan stringgridnya.
cara menghapus data di stringgrid
Tips menghilangkan data pada stringgrid :
Masukan script dibawah ini pada tombol Add.

procedure TForm6.Button8Click(Sender: TObject);
var i :integer;
begin
edit1.Clear;
edit2.Clear;
edit3.Clear;
edit4.Clear;
edit5.Clear;
edit6.Clear;
edit7.Clear;
edit9.Clear;
edit10.Clear;
edit11.Clear;
edit1.setfocus;
for i :=0 to sg.ColCount -1 do
   sg.Cols[i].Clear;
end;
end.

Proses pengosongan StringGrid ini bisa juga rekan terapkan ketika selesai menginputkan suatu data pada stringgrid (satu record data) kemudian menyimpannya dan mengosongkannya untuk memasukan item yang baru (record baru). Moga bermanfaat. 


4 comments:

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan