Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Mudah Koneksi Database MySQL dengan PHP

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Menghubungkan MySQL Pada Bahasa PHP - Bahasa Pemograman PHP merupakan bahasa yang paling banyak digunakan untuk merancang atau membangun sebuah web. Salah satu kelebihan bahasa ini karena lebih fleksible sehingga website-website populer di dunia ini banyak menggunakan Bahasa PHP atau dikenal dengan "PHP Hypertext Preprocessor".

Baca juga Mengenal Bahasa Pemograman PHP

Berbicara Bahasa Pemograman tentu tidak lepas dari Database, karena Database merupakan penampung atau bank data yang diinput atau berasal  dari aplikasi atau sofware yang dibuat oleh Bahasa pemograman. PHP dan MySQL merupakan dua sejoli yang kerap disandingkan dalam membuat sebuah aplikasi berbasis Web. Terbukti pada berbagaia layanan hosting, MySQL selalu dijadikan default untuk membuat database website.

Memang diakui MySQL bukanlah satu-satunya database yang didukung oleh Bahasa PHP, karena ada banyak sekali database yang telah disuport oleh PHP. Diantaranya adalah MariaDB yang diklaim lebih baik dan cepat dibandingkan dengan MySQL, bahkan siraksasa Google telah melakukan migrasi menggunakan MariaDB yang sebelumnya juga memakai Database MySQL.
cara koneksi database mysql dengan php
Ditulisan ini kita akan belajar bagaimana cara mengkoneksikan Database MySQL pada Bahasa Pemograman PHP. Script yang digunakan untuk menghubungkan MySQL dengan PHP adalah :

<?php
$server ="localhost";
$username ="root";
$password ="";
$database ="barang";
$konek =mysql_connect($server, $username,
$password)
or die ("Gagal konek ke server
MySQL".mysql_error());
$bukadb =mysql_select_db($database)
or die ("Gagal membuka databas
$database".mysql_error());
?>  

Misal kita simpan dengan nama koneksi.php
Sebelum menggunakan script diatas rekan harus membuat database MySQL terlebih dahulu. rekan bisa baca tutorialnya disini Membuat database MySQL melalui console.

Penjelasan kode diatas : Server digunakan sebagai alamat host dinamana program akan kita jalankan. Username adalah user MySQL yang kita buat. Pada contoh diatas kita menggunakan root sebagai user standar dari MySQL. Sementara pasword dikosongkan. Nama database yang kita gunakan adalah barang. Mysql_connect digunakan untuk menghubungkan koneksi ke server MySQL. Sedangkan or die untuk menampilkan pesan jika terjadi kesalahan.

Baca juga Membuat tabel pada database MySQL

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan