Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Duh! Tiba-tiba Blog Saya tidak Bisa di Akses Google Bot

· · 6 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pesan Error Webmaster Google Bot Can't Acces Your Site - Empat hari yang lalu tiba-tiba indeks Google terhadap posting yang baru saya publish tidak berjalan normal, butuh hingga berjam-jam artikel tersebut baru dicrawl oleh bot spider Google. Sehingga terkadang saya harus memaksa Google Bot untuk mencrawl lewat fitur add url. 

Mulai saat itu laporan earning Google Adsense saya menurun hingga 20 hingga 30% . Ketika saya cek laporan trafik atau tampilan halaman di Dhasboard, ternyata grafiknya menurun drastis, sehingga pantas saja earning menjadi turun otomasis, jadi galau hehe.

Awalnya saya berprasangka (bisa jadi benar) bahwa ini merupakan efek dari update Algoritma Google yang baru, dari beberapa informasi master SEO yang saya baca yaitu Algoritma Phantom. Yang isunya algoritma tersebut menggiling situs how to, jadi ga semangat nih buat conten tutorial hehe. Tapi ini baru sebatas pendapat, walaupun beberapa rekan yang mempunyai situs topik tersebut juga mengalami penurunan trafik. Tapi saya kira selama kontennya original yang memberi nilai plus dimata pengunjung, akan tetap bisa mendapatkan posisi SERP yang bagus (pendapat newbie). 


Kemudian tadi saya iseng membuka webmaster karena artikel yang baru saya publish beberapa saat yang lalu lagi-lagi lambat terindeks di Google, padahal contennya bagus loh, hahaha (menurut saya ya). Terdapat laporan diwebmaster bahwa Googlebot tidak dapat mengakses situs saya. Owalah ternyata sumber masalahnya ada disini toh. 

mengatasi domain blog bermasalah
Berdasarkan saran Google diatas jika tingkat kesalahan situs kurang dari 100% silahkan hubungi penyedia hosting. Kebetulan kesalahannya 41,2%. maka saya putuskan untuk menghubungi suport IDwebhost tempat domain blog ini saya registrasi. Awalnya saya tidak yakin akan ada balasan langsung dari CS IDwebhost karena waktu sudah menunjukan pukul 00.30 Wib ketika saya mengirimkan pesan di fitur chatingnya. Namun spontan pihak IDwebhost merespon pertanyaan saya. Saya kira ini nilai plus dari IDwebhost terutama dalam pelayanan keluhan customernya (mantap).
cara mengatasi googlebot tidak bisa mengakses situs
Setelah saya menunggu beberapa saat maka di reply dengan pesan berikut : 

"IdWebhost : terimakasih sudah menunggu. info dari support kami saat ini sedang proses pemindahan manage dns idwebhost ke manage dns baru sehingga both google akan membaca 2 manage dns. yaitu yang baru dan cache manage dns lama lalu akan muncul notifikasi error karena tebaca 2 notifikasi tsb di webmaster, indexgoogle, googleboth dll. mohon ditunggu dahulu agar cache google terhapus 6-8 jam kedepan"

Dengan memperhatikan pesan tersebut, ternyata ada maintanance pada server IDwebhost dengan melakukan pemindahan manage dns ke yang baru, sehingga Googlebot mendeteksi dua dns  yaitu yang baru dan cache dan saya harus menunggu 6-8 jam agar cache tersebut terhapus secara permanen. Sehingga selama itu pula saya merugi karena pemasukan dollarnya berkurang, hadehh.

Jika rekan mendapatkan pesan error seperti diatas pada webmaster maka jangan sungkan untuk menanyakannya langsung ke tempat domain rekan diregistrasi. Moga bermanfaat. 


6 comments:

  1. Saya juga mengalami hal sama, mas. Dapat pesan bahwa bot tidak dapat menjelajah blog saya. Melalui artikel ini saya dapat penjelasan langsung dan bermanfaat...Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti tempat beli domainnya sama ya pak. bisa dipastikan nih dollar pak guru juga berkurang hehe

      Delete
  2. Saya pernah mengalami kejadian yang sama,kemudian juga hampir sama yang dilakukan,,,memang tempat beli hosting domainya beda,dan setelah beberapa hari atau minggu semua bisa jalan normal kembali..thanks sudah mau berbagi tentang blog yang tidak bisa di akses oleh googlebot

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang butuh waktu sekitar seminggu kayaknya mas baru pulih. siip

      Delete
  3. wah .. . beruntung sudah beres ya mbak danis masalahnya.
    kalau masalahnya terletak pada alogaritma pantom bisa berabe. ..

    secara saya jg ada blog how to ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu baru isu saja mas. tapi selama konten yang dibuat bermanfaat bagi pengunjung saya kira ga akan berpengaruh.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan