Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Pembuatan Program Lengkap di Delphi

· · 0 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Membuat Program Penjualan di Delphi – Selamat datang rekan di blog mungil ini. Awalnya saya kurang bersemangat untuk membuat content di blog ini yang membahas tentang tutorial semenjak update Algoritma Google Phantom awal Juni lalu, yang kabarnya akan menggasak website-website yang menganut how to atau blog tutorial. Terlepas isu itu benar atau tidak yang jelas beberapa situs besar seperti howto dot com mengalami penurunan trafik yang signifikan setelah adanya update Algoritma Google yang baru.


Tapi saya kira terkesan blogger matre jika ngeblog hanya sebatas untuk mendapatkan serp yang bagus sehingga menghasilkan uang atau dollar. Ada sebuah kesenangan tersendiri ketika kita berbagi. Memberi manfaat kepada orang lain tentu jauh lebih mengharukan, pikirkan bahwa dollar itu hanyalah sebuah efek. Baiklah pemirsa itu sedikit kalimat pembuka artikel ini yang barangkali terdengar seperti sebuah kisah yang berkonsep sebuah tragedi, hihi.
contoh program penjualan dengan delphi
Tulisan ini hanya penjelasan umum atau pemanasan tentang cara membuat program lengkap penjualan dengan Bahasa Borland Delphi. Studi kasus yang akan saya buat adalah system penjualan atau jasa pembuatan website menggunakan bahasa pemograman Delphi dan menggunakan database microsoft acces. Mulai dari membuat form master, menu utama, form transaksi serta laporan yang dirancang dengan Qreport bawaan Delphi. 

Untuk master datanya adalah input data clien atau pelanggan, data harga website yang sudah jadi. Untuk data hosting, jenis website beserta daftar harganya cukup menggunakan combobox saja yang didefenisikan secara manual, karena pilihannya tidak begitu banyak dan akan bersifat data tetap.  

Untuk transaksi saya membaginya kedalam dua macam, pertama transaksi jasa pembuatan website dan transaksi penjualan website yang sudah jadi. Untuk pelaporan akan ditampilkan dari tabel clien, transaksi order website dan transaksi jual website yang sudah jadi.

Untuk form transaksi saya menggunakan Stringgrid untuk membantu pencatatan penjualan dengan item lebih dari satu. Jadi tidak perlu menginputkan data clien lagi jika clien tersebut akan mengorder website lebih dari satu.  

Awalnya saya bermaksud stringgrid tersebut saya gunakan untuk penyimpanan massal dengan hanya sekali klik jika terjadi pembelian dari satu item dengan data pelanggan yang sama. Hanya saja saya belum berhasil menerapkan scriptnya sehingga proses penyimpanan masih mengandalkan data yang telah didefenisikan pada Tedit. Dan stringgrid hanya digunakan untuk penjumlahan total order atau total pembelian oleh pelanggan atau clien. 

Untuk tutorial mulai dari membuat database, pengelolaan file master, form transaksi dan pelaporan akan saya coba jelaskan satu persatu di artikel-artikel yang akan datang. Jika rekan tidak mau repot-repot mengikuti tutorial yang akan saya tuliskan di blog ini nanti, maka saya akan menyiapkan script atau source code lengkapnya dalam bentuk rar file, tentu dengan konsekuansi rekan harus mengeluarkan sedikit fulus, wkwkw. Moga bermanfaat. 


0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan