Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Pesan Google : Mari Ngeblog dengan Bahasa Melayu

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Mengapa tidak blog dalam bahasa Melayu saja? - Baiklah rekan selamat datang kembali, setelah sekian lama tidak aktif di blog mungil ini :) karena kesibukan dalam membangun blog-blog niche yang kunon kabarnya lebih bagus untuk menghasilkan dollar dari google adsense. Setelah saya jalani ternyata benar, bukan hanya kabar angin saja, terbukti dari beberapa blog saya yang fokus pada niche tertentu lebih mudah mendapatkan klik walaupun visitor masih sedikit dan page view jauh lebih banyak sehingga dapat menurunkan bount rate situs. Tetapi disini saya tidak akan mengulas tentang project saya tersebut karena sifatnya terlalu pribadi dan terkesan mengintip dapur saya, hahaha.

Kemaren ketika membuka salah satu dashboard blog niche yang saya bangun dengan platform blogger, ada pesan dari dari Google yang berbunyi seperti ini "Mengapa tidak blog dalam bahasa Melayu saja? Dengan lebih dari 220 juta pembicara di seluruh dunia, dan pemirsa yang berkembang pesat, konten Melayu bisa menjadi kesempatan Anda berikutnya untuk mendapatkan pembaca baru. Anda sekarang dapat menggunakan akun baru atau akun AdSense yang ada untuk memonetisasi konten Melayu Anda. Mulailah sekarang".

Saya tidak tahu apakah pesan diatas juga ada di dhasboard blog rekan-rekan yang khususnya dibangun dari mesin blogspot.  Pesan diatas dapat ditafsirkan bahwa menjadi blogger atau membuat blog dalam bahasa melayu mempunyai peluang dan tentu saja menjadi ladang gurih untuk mendapatkan uang khususnya dari program Google Adsense. Karena diujung pesan tersebut terdapat kata adsense, yang berarti mengajak para blogger khususnya blogger melayu.

Mari kita lihat tingkat persaingan keyword, disini kita gunakan keyword beli sepatu dan kalau diterjemahkan dengan bahasa melayu beli kasut. Kita gunakan search google.com saja supaya hasilnya lebih global.
Mengapa tidak blog dalam bahasa Melayu saja?
Dari screenshot diatas tingkat persaingan keyword beli sepatu sebanyak 1 juta lebih. Sementara jika kita perhatikan gambar dibawah ini dengan keyword yang sama (sudah diterjemahkan ke bahasa melayu) tingkat persaingan masih diangka 500 ribu.
peluang adsense dengan blog malaisya
Sebagai blogger tentu kita memahami walaupun masih ada faktor lain yang menentukan, angka-angka diatas dapat diartikan semakin sedikit persaingan suatu keyword tentu akan semakin mudah blog kita mendapatkan halaman satu google sehingga peluang pengunjung akan terbuka besar dan dollar akan mengalir cukup deras (blogger matre euyyy, hehe). 

Coba rekan-rekan bayangkan jika banyak pengiklan adword Malaisya yang bersaing di keyword (kata kunci) diatas, tentu nilai CPC (cost per click) sangat besar, sehingga dengan beberapa klik saja nilai dollar yang kita terima besar dibandingkan nilai CPC yang kita jumpai di blog berbahasa indonesia dengan rata-rata 0,05 sampai 0,08, duh ! XD.

Peluang ini sangat bisa dimanfaatkan bukan hanya bagi blogger Malaisya saja akan tetapi kita yang juga termasuk rumpun Melayu juga bisa memutar arah target visitor blog kita kenegara malaisya tentu dengan blog berbahasa Melayu. Dari blog yang saya miliki ini saja yang berbahasa Indonesia, saya perhatikan laporan google analityc banyak juga pengunjung dari negara tetangga Malaisya yang masuk dari keyword-keyword tertentu. Lalu bagaimana dengan rekan? apakah ingin mencoba mengais dollar dari Google Adsense yang sepertinya cukup gurih menggunakan blog dengan bahasa Melayu? dan segera mencoba menembak keyword "Beli kasut" :) Semoga bermanfaat. 


2 comments:

  1. Wah, ini kabar gembira untuk mendulang dollar, mas. Kemungkinan hal ini menjadi agak mudah karena bahasa Indonesia juga berasal dari bahasa melayu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sekali pak. ga harus pakai bahasa inggris untuk mendulang dollar.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan