Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Pilih Database MySQL atau MariaDB?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Perbedaan Database MariaDB dan MySQL - Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat berbagai bidang khususnya dalam dunia Database terus melakukan inovasi baru, membuat perangkat hadware maupun software yang handal. Setelah sekian lama MySQL bertengger diatas sebagai Database yang paling banyak digunakan khususnya untuk aplikasi berbasis Web. Kini pemakai Database MariaDB juga semakin banyak sehingga membuat Database ini semakin populer. Bahkan si raksasa Google telah mengganti mesinya dari MySQL ke MariaDB.
kelebihan database mariadb dibandingkan mysql

Entah ini masalah performan atau masalah bisnis perpindahan Google dari MySQL ke MariaDB kita tidak tahu pasti. Karena pemilik MySQL Sun microsystem telah diambil alih oleh Oracle pada tahun 2010. Bisa jadi masalah lisensi, karena belakangan Oracle menggugat ke Google terkait Library Bahasa Java pada sirobot Hijau besutan Google (Android).

Baca juga CPanel gratis untuk webhosting di VPS

Saya sendiri masih menggunakan database MySQL untuk mesin blog-blog wordpress di Virtual Private Server (VPS) dan belum mencoba database MariaDB. Tapi dari pengalaman beberapa rekan yang sudah melakukan migrasi Database blognya ke MariaDB mengatakan sangat puas dengan kecepatan dan performan Database ini. MariaDB jauh lebih ringan dari MySQL. Mungkin bisa dianalogikan dengan kecepatan web server Nginx dibandingkan dengan Apache.

Baca juga Pilih Apache atau Nginx?

Disamping Google, Wikipedia juga telah mengganti mesinya ke MariaDB. Yang membuat MariaDB sebenarnya adalah pemilik lama MySQL sebelum dibeli Oracle. Diantara kelebihan MariaDB adalah kompitable dengan MySQL, sehingga jika web rekan-rekan sekarang memakai MySQL sebagai databasenya, untuk melakukan migrasi sangat mudah sekali. Memiliki storage engine yang lebih banyak sehingga membuat MariaDB lebih ringan dan cepat. Apakah rekan-rekan juga akan meninggalkan MySQL? Semoga bermanfaat.

Baca juga Cara mengatasi 403 Forbidden Nginx 

2 comments:

  1. Migrasinya google dan wikipedia ke MariaDB membuat kita berpikir kembali untuk menggunakan MySQL, mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul pak. ditambah lagi MySQL akan dikomersilkan oleh Oracle, sementara mariaDB akan tetap Free.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan