Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Semakin Maraknya Bisnis Radio Online Menggunakan VPS

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Radio Online di VPS - Kalau dulu mau mendengarkan radio harus dengan membeli radionya, yang biasanya dilengkapi dengan antena yang bisa diperpanjang untuk menangkap siaran. Sangat ingat dulu waktu kecil yang kebetulan tinggal di Desa yang terbilang jauh dari kota (pusat pemancar radio) sehingga perlu penambahan kabel keatap rumah untuk menangkap gelombang radionya agar terdengar jelas. Dan juga terkadang perlu dibelok-belokkan arah antena radio ke kanan-kekiri, kesamping sambil mencari diposisi mana yang pas, hehe. Jadul pokoknya dah :). Tapi jangan salah, pada waktu itu karena tidak punya televisi dan orangpun jarang yang punya televisi, jadi setiap hari mendengarkan radio, sangat tahu sekali dengan perkembangan berita terkini, ulasan-ulasan keislaman yang ditayangkan pada hari-hari tertentu hingga cerita-cerita, diskusi-diskusi bisnis yang sangat saya sukai. Tapi sayangnya waktu itu mereka tidak ada sharing bisnis tentang Google adsense, haha. Walaupun ada wong komputernya juga tidak ada, apalagi jaringan internet, wkwkw.
cara Membuat radio di VPS
Baca juga Pilih webserver Apache atau Nginx?

Apakah bisnis radio sampai hari ini semakin mati? ternyata tidak, malah semakin canggih sekarang sudah ada radio berbasis online, yang bisa didengar melalui jaringan internet. Dan sepertinya bisnis radio online ini kian booming saja. Mulai untuk kesenangan atau happy saja hingga menjadikannya sebagai platform bisnis baru yang menargetkan market-market tertentu khususnya bagi penggemar radio online. Untuk saluran-saluran radio yang betul-betul dikelolah, sering kali diselipkan iklan, ya samalah dengan blog ini ada iklan-iklannya juga agar blog ini tetap bisa bernafas, hehe.

Bagaimana cara membuat radio online atau radio streaming? kebanyakan saya lihat mereka menggunakan Virtual Private Server (VPS). Apa itu VPS?. Untuk ulasannya silahkan baca-baca di kategori VPS di blog ini. Penjelasannya singkatnya VPS adalah komputer seperti komputer biasa yang kita punya dan bisa diinstal dengan berbagai macam aplikasi seperti web hosting, game, SSH maupun radio streaming. Cuma VPS bersifat maya jadi VPS online terus 24 jam. Walaupun sesekali memang ada gangguan seperti maintanance server, tapi itu sangat jarang sekali.

Jadi untuk membuat radio online kita perlu menyewa sebuah server (VPS), tapi tenang banyak kok penyedia server gratis misalnya VPS.me yang juga pernah saya install Radio online, tapi untuk percobaan saya dan akhirnya tidak diurus, soalnya bisnis adsense lebih gurih sih hihi. Selanjutnya kita bisa menggunakan plugin soutcast dari winamp, tapi yagn lebih bagus menggunakan software Sam Broadcaster yagn dilengkapi dengan fitur-fitur yagn sudah canggih.

Baca juga VPS murah 5$ bonus 10$, mau?

Dengan melihat fenomena semakin tumbuhnya radio online, maka ada dua bisnis yang bisa dijalankan. Pertama membuat radio online tersebut dan membesarkannya hingga menjadikannya sebagai ladang bisnis baru. Yang kedua membuat jasa pembuatan radio streaming online. Kalau saya pribadi lebih cocok yang kedua, karena mempunyai sedikit passion dibidang tersebut. Beberapa jasa webhosting saya lihat sudah menambahkan layanan untuk pembuatan radio online dengan berbagai macam tarif bulanannya. Jadi kita dapat jasa pembuatannya dan jasa penyewaan server untuk radio tersebut tiap bulan. Terus siapa yang mau beli? Indonesia ini luas rekan, market internet itu sangat besar sekali, untuk Indonesia saja dari sabang sampai merauke berapa orang yang akses internet?. Jika kita berfikir menjualnya di Desa kita ya kemungkinan kemungkinan besarnya tidak ada yang akan beli :D. Terus bagaimana cara membuat radio online menggunakan VPS itu gan? Jika ada waktu nanti saya sharing ya :).

Baca juga Tips memulai bisnis sewa domain dan hosting 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan