Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Tips Bagaimana Memulai Bisnis Hosting dan Domain

· · 20 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Sewa Hosting dan Domain? - Beberapa waktu yang lalu saya sempat menonton Video seorang rekan di youtube yang sukses dengan bisnis sewa hosting yang dikombinasikan dengan Radio streaming Online. Padahal kalau dilihat dari backround pendidikannya ia tamat kuliah kedokteran dan tak pernah mengenyam pendidikan IT. Tapi minatnya yang kuat kepada hal yang berbaur IT membuatnya terus belajar secara otodidak dan selalu melakukan diskusi dengan rekan-rekannya yang sudah pakar dalam dunia hosting. Kalau dilihat dari tampilan Webnya tidak begitu terlihat profesional seperti web-web jasa sewa hosting yang lain, namun omsetnya sudah mencapai 400 juta perbulan dari sewa domain, hosting dan pembuatan Radio Streaming Online.
tips memulai bisnis hosting
Perkembangan internet yang begitu pesat, ribuan website atau blog lahir setiap harinya membuat bisnis web hosting memiliki peluang dan keuntungan yang menggiurkan. Sehingga saya juga sempat bertanya-tanya kepada seorang rekan di facebook yang juga sudah memiliki bisnis Jasa sewa hosting dan domain serta Virtual Private Server (VPS). Untuk biaya rutin bulanannya seperti yang dikatakan rekan tersebut yaitu sewa Billing seperti WHM yang digunakan untuk melakukan order oleh klien kita dan tidak perlu memonitor server selama 24 jam, serta sewa Cpanel dalam memanajemen website atau blog.

Memulai dengan menjadi reseller hosting dan domain, disini 40 % hak pengelolaan pada kita sedangkan 60% menjadi tanggung jawab yang mempunyai server. Yang lebih bagus lagi adalah menyewa sebuah Virtual Private Server (VPS) dan menginstallnya WHM dan Cpanel sehingga kita dapat menjual reseller hosting tapi harganya agak mahal dan dibutuhkan keahlian dalam mengelolah VPS (Virtual private Server) dan pengetahuan dibidang system operasi Linux.

Selanjutnya diperlukan adalah keahlian dalam memasarkan produk hosting kita, bisa menggunakan teknik SEO (search engine optimazation) atau dengan teknik iklan berbayar seperti di google adword, Facebook Ads dan lain-lain. Menguasai teknik marketing ini sangat menentukan sukses atau tidaknya usaha hosting kita. Bagaimanapun bagusnya produk kita tapi jika tidak ada yang tahu tentu akan membuat bisnis kita akan gulung tikar. Semoga bermanfaat.

Baca juga Hosting gratis terbaik yang perlu anda coba

20 comments:

  1. wah inspiratif banget nih mas,sebulan bisa ngasilin 400 juta.
    kapan ya saya kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yagn penting semangat terus dah hehe. saya juga bertanya-tanya pada diri sendiri XD

      Delete
  2. oiya walaupun telat saya mengucapkan minal aidzin wal faizin mas.
    maaf lahir batin

    ReplyDelete
  3. wah bisnis hosting ya, boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  4. pernah juga ditawarin teman untuk menjadi reseller hosting, namun pada waktu itu masih gaptek masalah koneksi dan pembuatan akunnya....makanya tidak di ambil...sekarang malah saya yang kadang nyari kerjaan reseller hosting. kalau dikalimantan itu lumayan juga penjualannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan dikalimantan saya lihat luar biasa juga perkembangan dalam website maupun blog. bahkan banyak IMer juga disana.

      Delete
  5. kalau membaca sekilas tentang bisnis hosting ini memang menarik mas dan saya yakin bisnis ini tetap bertahan namun yang menjadi kendalanya adalah selain sebagai reseller, tentu membutuhkan banyak modal untuk memulainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menjadi reseller saya kira tidak begitu besar mas modalnya. paling tidak 2 jt satu tahun sudah bisa.

      Delete
  6. mantap juga ya menjadi reseller hosting
    kalau saya ilmunya belum nyapai :)

    ReplyDelete
  7. tentang hosting ini harus beberapa kali baca, baru sedikit faham, tapi kalau menyangkut uangnya aku faham banget mas hehe..

    ReplyDelete
  8. saya harus pelajari lebih mendalam lagi nih cara bisnis online hosting dan domain, selain dunia internet makin berkembang diiringi dengan pengguna di Indonesia yang makin meningkat, sungguh sebuah peluang uasaha yang manjanjikan euy...makasih haturnuhun kang,ilmuna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat berpeluang sekali mas, apalagi internet sudah mulai merakyat

      Delete
  9. wah untuk ini perlu modal yang besar juga ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk reseller kayaknya ga membutuhkan modal besar pak.

      Delete
  10. jadi bingung mau komen apaan, soalnya baru ONLINE lagi neh di blog, sekian lama tidur..
    salam buat sahabat semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah kalau begitu rekan. salam juga :)

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan