Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Bagus Mana Pilih Epson Atau Canon?

· · 18 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Perbandingan Printer Epson dan Canon - Bisa dikatakan dua merek printer yang paling populer saat ini adalah Canon dan Epson. Bahkan printer HP (Hewlett-Packard) belum bisa mendominasi keduanya dikelas Printer inkjet. Kepopuleran Canon dan Epson bukan karena vendor ini sudah lama berkecimpung dalam dunia cetak mencetak (printer) saja, akan tetapi kualitas cetak baik dokumen dan gambar sangat baik, ditambah lagi dengan harga yang ditawarkan tidak begitu mahal, terutama di kelas low entri. Sehingga kerap kali kita dibuat bingung, ingin beli printer Epson atau Canon? sebenarnya bagus mana sih Canon dan Epson itu?. Uraian berikut mungkin dapat membantu kebingungan rekan dalam memilih Canon atau printer Epson :
pilih epson atau canon
Baca juga Perbedaan Printer Laser dan Printer Inkjet

Kualitas cetak printer canon lebih soft alias lembut, sehingga jika kita mencetak sebuah gambar, terlihat jelas sekali detail dari setiap sudut pada bagian gambar tersebut. Berbeda dengan Epson yang tidak begitu soft. Perbedaan ini dapat kita coba antara printer MP237 dengan Epson L210, tampak jelas terasa perbedaannya. Namun Epson sangat unggul dikualitas warna yang tajam, sedangkan warna yang diciptakan canon kurang tajam. Sehingga untuk urusan cetak  mencetak foto para pebisnis fotografi yang masih mengandalkan printer inkjet sebagai pencetak lebih memilih printer Epson. Sedangkan untuk keperluan cetak mencetak dokumen untuk kepentingan surat menyurat, makalah, skripsi, grafik dan lain-lain seperti Canon menjadi pilihan terbaik.  

Kalau dikaji dari segi ketahanan, sepertinya Epson lebih mempunyai reputasi yang bagus. Kode error pada printer Canon lebih banyak dibandingkan printer Epson, sehingga sangat membuat bingung khususnya pemula. Apalagi bila canon dirombak dengan system infus yang kerap sekali terjadi permasalahan error seperti kelancaran tinta, maupun pergerakan cartridge yang kadang mudah terganggu oleh selang infus. Lain halnya dengan Epson, di beberapa type seperti L100, L210 dan L800 yang sudah terbundle dengan system infus dari pabrik membuat printer ini jauh lebih baik. Harga yang terpaut sedikit mahal dibandingkan Canon terkadang membuat user yang memiliki dana minimalis memutuskan membeli printer canon.

Baca juga Cara download driver printer Epson

18 comments:

  1. dua-duanya pernah saya pake, tapi sekarang sedang setia sama canon :)

    ReplyDelete
  2. saya dari dulu adalah pengguna canon, tapi sekarang ingin coba epson, terutama epson seri L karena kita tidak perlu menginfus sendiri.
    pengalaman menggunakan canon seri MP237 sekarang hanya saya manfaatkan scannernya saja, karena hasil cetaknya kurang bagus menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga pakai yang seri L mas. kualitas cetak lumayan oke.

      Delete
  3. Heu ada kekurangan dan kelebihannya dalam setiap produk ya mas?

    ReplyDelete
  4. Saya kebetulan pilih cannon mas. Tapi enggak tau juga apa alasannya ketika beli pertama dulu. Sampai sekarang masih ok meskipun sudah lima tahun pake cannon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw jooza. sudah lima tahun, awet sekali pak.

      Delete
  5. ya kalo untuk dokumen mending cannon saja yamas, karna saya juga masih pakai cannon karna saya juga tak perlu cetak-mencetak foto.hanya untuk print data saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sekali, saya juga lebih prefer canon lebih oke untuk cetak dokumen.

      Delete
    2. selain itu cannon juga lebih cepet print nya daripada epson, tapi untuk masalah foto kayaknya lebih ke epson yamas :)

      Delete
  6. kalau saya sih pilihnya epson mas, tapi karena canon lebih terjangkau, saya beli yang canon heehee

    ReplyDelete
  7. Kalau saya pilih epson mas, karena selama ini bagus dan gak ada masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang epson dari segi perawatan lebih mudah. cuma harga sedikit mengharukan hehe

      Delete
  8. saya setuju sama yang diatas saya nih hihi epson lebih mudah perawatan dan juga suku cadang banyak dan mudah dicari. kalo dari kualitas epson juga ga kalah detailnya dan epson lebih murah. wah kaya promo produk epson nih aku haha

    keren mba postingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sekali epson lebih mudah dari segi perawatannya mbak :)

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan