Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu

Tips Perawatan Cartridge Printer Canon

· · 6 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Cartridge Canon Tahan Lama - Printer dengan merek Canon sampai saat ini masih populer dibandingkan dengan merek lain seperti Brother, HP ataupun Epson. Disamping mudahnya memperbaiki printer canon karena spart part sudah banyak tersedia di toko-toko komputer juga kualitas cetak yang cukup bagus, baik dalam mencetak foto, gambar maupun dokumen-dokumen seperti surat, artikel, peta dan lain sebagainya.
cara merawat cartridge printer

Baca juga Kode error printer MP258 lengkap

Namun ada beberapa permasalahan yang sering dialami oleh user printer canon, yaitu mudah rusaknya cartridge printer canon yang mereka miliki, sehingga akan membutuhkan biaya yang cukup mahal jika terjadi penggantian cartridge. Bayangkan saja biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan penggantian cartridge black dan color sekitar 75 % dari harga printer.

Tips agar cartridge printer canon awet dan tahan lama :

1. Gunakan fasilitas head cleaning

******

Head cleaning berguna untuk memperlancar tinta printer canon yang macet. Apalagi printer tersebut jarang digunakan, otomatis terjadi pembekuan tinta pada head. Penggunaan head cleaning yang terlalu sering juga akan berdampak pada cepatnya printer meminta reset. Jadi gunakan sewajarnya, dan perhatikan jika memakai system tinta infus tidak adanya kebocoran pada selang infus maupun saluran angin pada pemasangan selang infus ke cartridge. karena jika terjadi longgar terutama pada bagian ujung selang infus dengan cartridge, head cleaning yang dilakukan akan sia-sia.

2. Gunakan printer secara continue
Penggunaan sesering mungkin akan membuat aliran tinta pada cartridge selalu lancar dan tidak akan terjadi pembekuan. Dengan catatan durasi dalam pengeprinan harus diatur. Jika printer akan digunakan untuk mencetak banyak dokumen, maka bagilah jumlah page yang akan diprint dan berikan jeda setiap beberapa menit untuk menjada head cartridge tidak terlalu panas dalam mencetak banyak dokumen.

3. Isi cartridge sesuai aturan
Jangan sampai berlebihan dalam mengisi tinta kedalam catridge pada waktu refill, karena hal ini juga akan berpengaruh pada cartridge. Isikan tinta sebanyak 4 - 5 ml secara perlahan pada posisi vertikal.

4. Jangan menyentuh chip kuning di cartridge
Chip kuning pada cartridge digunakan untuk menghubungkan cartridge dengan mesin printer. Jika chip ini rusak maka cartridge tidak akan terbaca dan printer tidak akan bisa digunakan.

Setidaknya 4 tips jitu dalam merawat cartridge printer canon diatas wajib rekan terapkan untuk menghemat biaya kerusakan cartridge yang merukan komponen paling urgen dalam sebuah printer. Untuk tips-tips yang lain silahkan rekan surfing untuk informasi lebih lanjut.

******

Baca juga Cara reset printer L100 dengan mudah

6 comments:

  1. nah kebetulan saya punya printer canon, makanya biar mudah dan awet saya coba terapkan tips merawat printer canon,thanks banget deh

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat buat saya, biar catridgenya lebih awet. Memang betul harganya juga tidak murah. Jelas artikel ini yang saya cari. Makasih mas.

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan