Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Kenapa Ukuran RAM komputer berbeda dengan Aslinya?

· · 14 comments
Asslamu'alaikum, wr.wb

Ukuran RAM Tidak Terbaca Sepenuhnya - RAM atau disebut dengan Random Access Memory merupakan perangkat hadware dari sebuah Komputer yang berfungsi untuk penyimpanan sementara ketika suatu aplikasi dijalankan. Sehingga besar kecil RAM pada sebuah Komputer sangat mempengaruhi kecepatan akses dalam menjalankan program-program yang ada di komputer atau Laptop tersebut.
memahami ukuran RAM komputer
Baca juga kunci folder tanpa menggunakan software

Berbagai macam ukuran RAM Komputer, semakin canggih komputer maka bisa dipastikan RAM komputer tersebut semakin besar. Dan banyak macam ukuran RAM mulai dari 1 GB, 4 GB, 8 GB dan seterusnya. Namun ada permasalahan yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna Komputer destop maupun komputer jinjing (Laptop), yaitu ukuran RAM tidak sepenuhnya terbaca oleh System Operasi yang digunakan Komputer tersebut. Misal jika komputer kita mempunyai spesifikasi RAM 8 GB, maka ketika dicek di system informasi RAM yang terbaca kurang dari 4 GB.

Apa sih yang menyebabkan kapasitas RAM tidak terbaca secara sempurna di Windows XP, Windows 7, Windows 8 maupun di Windows 10? ini penyebabnya : 

Baca juga Cara perbaiki flashdisk yang tidak terbaca

1. System operasi yang digunakan model 32 bit
Penyebab kapasitas RAM berbeda dengan ukuran aslinya di Windows disebabkan versi Windows yang rekan gunakan model 32 bit sementara ukuran RAM pada komputer lebih dari 4 GB. Dalam artian Windows 32 bit hanya membaca maksimal RAM 4 GB, diatas kapasitas 4 GB windows 32 bbit tidak akan membacanya. Jadi jika rekan menggunakan RAM melebihi ukuran 4 GB maka installah system operasi Windows model 64 bit.

2. Alokasi RAM untuk VGA
Jika kita perhatikan seumpama RAM di komputer kita sebesar 4 GB, mengapa terbaca 3,8 GB? mungkin hal ini tidak begitu berpengaruh karena hilangnya hanya sekitar 200 MB. Lalu kemana kapasitas 200 MB tersebut? ini dialokasikan untuk resource grafik bagi komputer yang tidak mempunyai VGA card.

3. Spesifikasi Motherboard
Perhatikan kemampuan motherboard hingga maksimal berapa kapasitas RAM yang disuport. Jika kemampuan mmotherboard rekan cuma 4 GB kemudian ditambahkan RAM 8 GB, maka otomatis RAM yang terbaca tetap 4 GB walaupun system operasi yang rekan gunakan Windows 64 Bit.

Memperhatikan point diatas kemampuan Hadware dan Softrware sangat berpengaruh dalam membaca kapasitas RAM pada sebuah Komputer.

Baca juga Syarat spesifikasi laptop untuk Windows 10

14 comments:

  1. Iya juga ya, mas? Padahal tertulis 4GB tetapi terbaca kurang dari yang tertulis itu...

    ReplyDelete
  2. hem hampir semua ram tidak akan pernah sama dengan ukuran yang tertera mas, karena memang dibutuhkan sebuah sistem chache recovery untuk berjalannya pada sebuah komputer / laptop

    ReplyDelete
  3. oh jadi kalo ngegunain yang 32 bit mempengaruhi ram juga ya

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali informasinya gan...

    ReplyDelete
  5. iya mas, saya pernah tu punya RAM komputer yang space disknya ndak sesuai, saya kira saya ditipu

    ReplyDelete
  6. bener banget, di komputer saya juga getu, kata nya isi nya 250 gb, tapi tulisan nya kurang dari 250 gb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu mah hardis mbak ririn sama juga dengan RAM ga sepenuhnya terbaca.

      Delete
  7. mas maaf mungkin oot saya mau nanya kalo beda merk RAM dipasang barengan bisa bikin error PC ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga masalah mbak secara umum, tapi pernah saya temukan ada trouble di merek-merek tertentu.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan