Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Apa itu cPanel dan Kegunaannya?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Fungsi cPanel Untuk manage Blog dan Website - Beberapa hari yang lalu saya membeli server untuk Web hosting yang rencananya akan saya jual dalam bentuk shared hosting dengan membagi ke beberapa paket sesuai dengan disk space dan fitur yang akan ditawarkan kepada client dengan harga paket yang saya kira cukup bersahabat di kantong para newbie yang ingin membangun sebuah website atau blog menggunakan hosting premium, karena walau bagaimanapun juga sebuah website jauh terlihat lebih profesional yang menggunakan hosting premium dibandingkan dengan hosting gratisan.

cPanel adalah control panel yang paling banyak digunakan saat ini dalam memanajemen blog atau web secara personal. Banyak sekali fitur yang sudah ditanamkan dalan cPanel seperti log website, monitoring trafik, penggunaan bandwith, membuat subdomain, seting ke database website yang akan dibangun, penginstallan otomatis berbagai engine seperti wordpress, web forum dengan fasilitas softacolous installer serta fitur security website yang cukup bagus dan beberapa fitur lainnya.
cara menggunakan cPanel
Itulah gambaran umum dari cPanel, jadi ketika rekan ingin menyewa sebuah hosting untuk membuat blog menggunakan engine wordpress atau website berbasis PHP dan lain-lain, rekan akan mendapatkan akun cPanel untuk memanajemen hosting yang telah rekan sewa yang selanjutnya melalui cPanel tersebut bisa mencreate database website dan kemudian menginstallkan engine kedalam database yang telah dibuat. Disamping itu dengan cPanel rekan juga bisa menciptakan server email sendiri dengan brand rekan sendiri. Untuk masuk ke cPanel website silahkan ketikan di browser http://www.namadomainrekan:2083. Selanjutnya masukan username dan password cPanel rekan.

Baca juga Cara install Webuzo Panel di server Digital Ocean

cPanel adalah control panel berbayar dengan lisensi seharga 15 $ sebulan, jadi sangat terlihat boros jika membeli lisensi sebesar itu untuk diinstallkan pada server blog pribadi seperti menggunakan VPS, kecuali rekan akan membeli sebuah server untuk dijual kembali atau lebih dikenal dengan istilah bisnis web hosting. Untuk server yang digunakan secara pribadi sebaiknya rekan menggunakan control panel gratisan saja seperti Webuzo dengan fitur yang tak kalah menarik dibandingkan dengan cPanel. Walaupun fitur standar dari Webuzo tidak menyediakan fitur install wordpress secara otomatis, namun hal itu bisa disiasati dengan mengupload file wordpress secara manual ke file manager servernya.

Baca juga Cara install wordpress manual di webuzo panel

2 comments:

  1. Replies
    1. kalau cPanel ga ada mas, tapi kalau control panel ada seperti kloxo mr atau webuzo

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan