Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Apa itu WHM dan Bedanya dengan cPanel

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengertian dan Kegunaan WHM dalam Memanage Hosting - Jika rekan membeli sebuah server hosting dengan spesifikasi tertentu yang digunakan untuk menampung banyak website atau blog didalamnya maka rekan akan diberikan akses untuk cPanel dan WHM. Untuk cPanel sudah ditulis di postingan ini Apa itu cPanel dan kegunaannya?  Selanjutnya apa itu WHM dan fungsi serta perbedaan antara cPanel dan WHM?. WHM (Web Host Manager) adalah pengelolah Webhost dengan level pengguna yang dapat mengatur domain-domain yang  sudah terkoneksi pada suatu server dengan syarat tentu WHM juga terinstall pada server tersebut. Seperti menetapkan berapa bandwith atau diskspace untuk masing-masing domain, termasuk untuk menghapus sebuah akun domain yang telah di create cPanelnya melalui WHM.

Baca juga Perjalanan saya mendirikan bisnis Web Hosting

Nah dari keterangan diatas jelas sekali bukan? bagi rekan yang ingin membuka bisnis Webhosting harus menguasai WHM (Web Host Manager), karena dari WHM inilah kita akan membuat paket hosting sesuai dengan spesifikasi dan harga yang kita tawarkan di web hosting kita yang selanjutnya setiap paket itu juga kita create di software billingnya nanti (untuk tutorial pembuatan paket hosting dan pengaturan software billing ditunggu ya..).
perbedaan WHM dan cPanel
WHM (Web Host Manager) ini akan terkoneksi dengan software billing, ketika ada client yang melakukan order, maka otomatis pada akun WHM kita ada pemberitahuan order tersebut. dan melalui WHM kita akan membuat akun baru yang berarti akan membuat cPanel baru untuk client tersebut. Jadi perbedaan cPanel dan WHM adalah, cPanel penggunaan lebih ke memanajemen website atau blog, sedangkan WHM mengatur domain-domain yang ada pada server dan mencreate akun cPanel. Level akses WHM lebih tinggi dibandingkan dengan cPanel. Untuk masuk ke WHM menggunakan port 2087 dan masuk ke cPanel menggunakn port 2083.

Baca juga Bisnis Webhosting itu, cara memulai dari mana sih?    

2 comments:

  1. perbedaan cPanel dan WHM jadi lebih saya pahami, jadi perlu baca juga artikel lain mengenai cPanel & WHM disini, cek dulu makasih :)

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan