Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Bisnis Web Hosting Itu Cara Mulainya Dari Mana Sih?

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Membuka Bisnis Web Hosting - Gimana sih memulai bisnis web hosting tersebut? berapa modal yang harus disiapkan untuk membuat bisnis sewa hosting dan registrasi domain? apa saja yang perlu saya pelajari jika ingin mendirikan bisnis web hosting? Baiklah, saya akan coba menjelaskan berdasarkan pengalaman membuat bisnis web hosting (walaupun bisnis web hosting saya masih dalam proses 80% karena masih dalam tahap pengaturan thema dan software billing). Untuk memulai bisnis web hosting, setidaknya rekan harus memiliki pengetahuan tentang website, blog, terbiasa dengan control panel, registrasi domain, pengetahuan tentang name server, Virtual private server atau dedicated server. Karena menurut saya bisnis web hosting bukanlah sebuah bisnis yang mudah dijalankan seperti membalikan telapak tangan, tapi yakinlah juga tidak sesusah membuat sebuah robot loh, hehe.
cara memulai bisnis web hosting
Untuk awal yang masih newbie betul dalam hal istilah-istilah yang saya sebutkan diatas, sebaiklah baca sebanyak-banyak referensi di internet yang membahas masalah tersebut, join di forum-forum yang membahas tentang web hosting, atau rekan juga bisa membeli buku panduan tentang web hosting. Jika sedikit sudah tahu seluk beluk dunia hosting minimal gambaran umumnya, sekarang rekan harus siapkan modal untuk membeli server yang akan digunakan untuk mengorbitkan website atau blog-blog client nantinya. berapa besar modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis web hosting? saya kira jawabannya relatif, tergantung berapa besar rekan bisa menyiapkan modal. Jika memang mempunyai modal yang cukup untuk membeli lisensi Cpanel, WHMCS dan membeli dedicated Server itu malah lebih bagus.

Sebagai gambaran lisensi Cpanel untuk dedicated server berkisar 4 juta rupiah pertahun, Softacolous lisensi berkisar 1,2 juta pertahun, sedangkan untuk billing WHMCS berkisar 2,8 juta pertahun. Biaya itu semua belum termasuk beli server dedicated atau Virtul Private Server, kita anggap saja beli servernya 6 juta untuk 1 tahun (tergantung spesifikasi dedicated servernya). Hm.. cukup besar bukan? belum lagi biaya untuk promosi dalam melakukan branding web hosting rekan. Untuk iklan facebook, google adword atau dengan cara promosi SEO.

Bagaimana dengan modal yang pas-pasan misalnya 1 jutaan rupiah, apakah bisa memulai bisnis web hosting? Semuanya ada solusi, jawabannya sangat bisa sekali, dengan membeli space hosting dari perusahaan hosting yang biasa diistilahkan dengan reseller atau master reseller hosting dengan harga berkisar 1 juta pertahun. Dan biasanya karena satu server untuk Cpanel dan WHM sudah terbundle langsung, jadi kita tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk membeli lisensi Cpanel atau WHM. bagaimana dengan software billing? yups ini tentu relatif rekan bisa menggunakan billing free terlebih dahulu seperti boxbilling dengan fitur yang tak kalah mengharukan dari WHMCS. Tapi dibeberapa provider saya lihat ada juga fitur reseller dengan free WHMS. Setelah menyiapkan itu semua selanjutnya rekan regis domain untuk web hostingnya. Nah untuk masalah server blog hosting rekan sebaiknya memisahkan dengan server yang akan dijual, misal rekan letakan di VPS, atau jika memang modal minimalis bisa juga diletakan di space hosting yang telah rekan beli dari penyedia reseller hosting. Ditulisan yang akan datang saya coba tulis lebih banyak lagi tentang web hosting ini, salam olahraga.

Baca juga Perjalanan saya mendirikan bisnis Webhosting

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan