Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Login ke Virtual Private Server (VPS)

· · 3 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Masuk ke Server VPS Linux dari Windows - Virtual Private Server atau disingkat dengan VPS merupakan istilah yang mungkin terdengar asing bagi sebagian rekan-rekan. Jika diartikan VPS adalah sebuah server virtual yang dapat diinstal system operasi seperti komputer biasa dan bekerja 24 jam. Data center dari sebuah virtual private server (VPS) bisa bermacam-macam tergantung perusahaan penyedia server tersebut. Bisa di lokal, Singapura, Seattle, Jerman, London dan lain sebagainya. Kalau saya pribadi lebih menyukai server dengan lokasi server di Singapura dan US khusus untuk koneksi internet, apalagi untuk streaming youtube, memilih server US membuat streaming lebih klincong, hehe.

Setelah melakukan order VPS kepada perusahaan penyedia VPS, kita biasanya akan mengelolah server kita dengan terlebih dahulu melakukan login dengan user root di port 22. Biasanya VPS yang banyak digunakan dan terbilang harganya cukup bersahabat adalah VPS linux. Nah. karena pada umunya orang banyak yang menggunakan windows, maka disini saya paparkan dengan cara seksama bagaimana masuk ke VPS linux dari system operasi windows 7, windows 8 atau windows 10.

Untuk cara order VPS bisa baca disini Cara membuat VPS

Untuk login ke VPS Linnux, kita akan menggunakan Aplikasi Putty. Silahkan download DISINI.
cara login ke VPS linux dari windows
1. Buka aplikasi putty
2. Pada bagian IP Address atau host name masukan IP VPS yang telah rekan sewa.
3. Untuk port isikan 22, karena ini port standar untuk user root.
4. Pilih Open dan masukan username root serta password VPS.
5. Selesai

Ketika memasukan password biasanya karakter yang kita ketikan tidak akan terlihat dilayar monitor. Pastikan password yang diketikan benar. Nah begitulah salah satu cara login ke VPS dari system Operasi Windows. Disini saya menggunakan Windows 7 untuk mengakses VPS Linux Debian, untuk versi windows yang lain caranya tetap sama, yang jelas ketika rekan download software puttynya pastikan sesuai dengan versi windows rekan apakah 32 bit atau 64 bit. Begitulah.

Baca juga Cara setting Bitvise untuk multi login SSH

3 comments:

  1. Kepengen vps cuman masih pemula, butuh bimbingan nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung VPS nya untuk apa dulu gan. untuk hosting ? silahkan search artikelnya diblog ini. untuk server radio streaming juga bisa. tinggal order aja VPS nya ke provider seperti digital ocean

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan