Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Bingung! Website Tidak Bisa Diakses?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Penyebab Website Tidak Bisa Diakses dan Solusinya - Apakah rekan pernah mengalami website atau blog tidak bisa diakses atau dibuka? dan mengeluarkan pesan error?. Sebagian dari blogger mungkin pernah mengalami hal tersebut, tiba-tiba domain tidak bisa diakses. Pada umumnya yang mengalami error adalah domain berbayar dan website atau blog yang memiliki hosting premium. Sedangkan untuk domain dan hosting gratis yang disediakan blogger (blogspot) milik Google jarang sekali dan sampai saat ini blog saya yang menggunakan domain gratis blogspot dan hosting gratisnya tidak pernah mengalami error atau server down. Karena kita tahu reputasi Google yang begitu besar tentu akan memberikan layanan maksimal kepada usernya.

Berikut ini yang menyebabkan domain tidak bisa dibuka di browser :

1. Problem Web Server
Web Server yang mengalami error atau down akan menyebabkan website tida akan bisa dibuka. Sebaiknya rekan segera menghubungi pihak hoster untuk penanganan lebih lanjut. Atau kemungkinan Blog atau web rekan di suspend oleh hoster karena melanggar Term Of Service Mereka seperti membuat web auto yang akan memberatkan bandwith web servernya (karena masih memakai type shared hosting). Atau tagihan hosting rekan yang tidak dibayar-bayar juga dapat menyebabkan pihak hoster jengkel, hehe sehingga domain error dan web tidak bisa dibuka.

2. Problem dari Internet Service Provider yang rekan gunakan
Kemungkinan web server memblokir IP yang rekan gunakan. Seperti kesalahan beberapa kali memasukan username dan password cPanel. Untuk memastikannya coba rekan buka web dikomputer lain atau menggunakan handphone, jika bisa dibuka maka permasalahnnya pada komputer atau ISP yang rekan gunakan.

Untuk melakukan pengecekan apakah web servernya mengalami gangguan, rekan buka #http://anonymouse.org/anonwww.html (tanpa tanda pagar). Pilih anonWWW Kemudian masukan URL atau domain blognya, klik Surf anonymously, seperti gambar dibawah ini :
cara buka domain yang diblokir
Jika webnya bisa dibuka, maka bisa dipastikan tidak ada permasalahan pada server blog atau hosting. 

Hosting mempunyai settingan untuk memblokir IP yang mengalami beberapa kali kesalahan masuk ke cPanel untuk melindungi cPanel rekan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai jalan keluarnya infokan kepada hoster IP yang rekan gunakan. Untuk pengecekan IP bisa dengan #http://www.ipgue.com (tanpa tanda pagar). Untuk yang memakai modem biasa karena systemnya IP dinamic maka rekan cukup restart modem.

Langkah-langkah awal yang juga dapat rekan coba adalah dengan menghapus seluruh cache atau riwayat browser dengan manual atau menggunaan software seperti ccleaner. 

Baca juga Cara membuat Email pribadi di cPanel

2 comments:

  1. biasa itu mas, saya aja selalu kena komplain ketika selesai membuatkan website pesanan orang, katanya kok mau error, saat saya hubungi penyedia servernya, memang terkadang mereka mengakui kalau server lagi bermasalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih pak. harus cari server dengan kualitas bagus nih hehe

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan