Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Bisnis Online Modal Kecil Apa Ada?

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Bisnis Online yang Menguntungkan dengan Modal Kecil - Berbisnis online saat ini sudah mulai marak dengan berbagai macam variasi model bisnis yang bisa dijalankan. Para pengusaha UKM pun dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang sebentar lagi akan diberlakukan harus mampu bersaing dengan produk-produk luar jika ingin tetap bertahan dan terus berkembang, salah satunya dengan melebarkan sayap segmen pasar dari yang selama ini offline (bentuk jual beli konvensional) ke segmen Online atau internet. Karena menembak segmen pasar internet peluangnya sangat luas dan jangkauannya bisa keseluruh dunia. Saya mempunyai seorang teman di facebook yang sukses berjualan online, padahal secara offiline dia tidak mempunyai toko, hanya mengandalkan rumahnya sebagai tempat penyimpanan stok barang.

Lalu bagaimana bagi rekan yang baru memulai atau akan memulai bisnis online? hal klasik yang selalu menghadang adalah masalah modal. Seberapa besar sih modal untuk menjalankan bisnis online itu? apa bisa menjalankan bisnis online dengan modal kecil misalnya kurang dari 1 juta?. Yups modal merupakan sesuatu yang menghambat seseorang untuk terjun dalam dunia bisnis, khususnya bisnis online sesuai topik tulisan ini. Sehingga banyak lulusan Akademik lebih memutuskan menjadi karyawan daripada mencoba membuat sebuah bisnis atau startup.
Bisnis Online Modal Kecil Apa Ada?
Dibawha ini ada beberapa model bisnis online yang dapat rekan terapkan dengan modal kecil :

1. Onlinekan bisnis offline
Yups ini berlaku bagi rekan yang sudah mempunyai basis dalam bisnis konvensional atau offline. Misalnya rekan mempunyai toko sepatu, baju dan lain sebagainya. Maka saatnya rekan untuk mengonlinekan bisnis offline tersebut. Bagaimana jika tidak mempunyai kemampuan dalam membuat toko online? mengerti tentang domain, hosting, SEO merupakan hal dasar yang harus dimengerti jika ingin bermain di website, namun jangan khawatir rekan tetap bisa membuat toko online hanya dengan beberapa kali klik saja, toko online sudah siap digunakan. Bagaimana caranya? dengan memanfaatkan situs e-commerce yang ada seperti Tokopedia, Bukalapak dot com, forum jual beli yang ada di kaskus dan lain-lain. Di situs-situs e-commerce tersebut kita dapat membuat toko online gratis alias tidak berbayar.

Baca juga Cari bisnis internet yang paling gurih?

2. Mencoba bermain Google Adsense Blog
Google adsense hanyalah salah satu bentuk bisnis online dengan modal kecil yang bisa rekan coba. Dan saya sendiri sudah membuktikannya, dengan modal yang bisa dikatakan minimalis sekali kita sudah bisa menjalankan bisnis Google Adsense. Bagaimana cara memulai bisnis Google Adsesne? kita buat sebuah website atau blog, bisa memakai CMS Wordpress atau blogger (blogpsot) dan server gratis ataupun yang berbayar. Analisa modal jika ingin menggunakan domain berbayar dan server berbayar, sewa domain satu tahun berkisar 100 hingga 120 ribu rupiah, untuk biaya hosting dengan spesifikasi 1 GB diskspace  satu tahun berkisar 350 ribu hingga 500 ribu rupiah. Dengan modal 600 ribu rupiah kita sudah bisa menjalankan bisnis Google Adsense.

Apakah memakai domain gratis dan server gratis bisa menghasilkan dari Google adsense? tentu saja bisa, banyak blogger-blogger yang hanya mengandalkan domain dan server gratis tapi tetap bisa meraup pundi-pundi dollar dengan adsense. Blog linja ikeji (Blogger Nigeria) itu hanya berdomain blogspot (sekarang barusan dicek sudah pake dot com)  dan server gratis dari Google, tapi ia bisa menghasilkan sekitar 200 juta perbulan dari blog gratisnya.

Baca juga Belajar Ngeblog adsense ala Karlla Praticia

3. Mencoba Adsense Youtube   
Bermain adsense di youtube sama gurihnya dengan bermain adsense blog, malahan lebih mudah karena kita hanya perlu mengupload video original setiap hari ke youtube dan proses pendaftaran adsense di youtube (adsense hosted) hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Tidak seperti di blog yang pendaftaran adsennya lumayan sulit untuk saat ini. Nah bagi rekan yang masih kesulitan dalam menulis artikel, mencari ide posting, silahkan rekam peristiwa-peristiwa dilingkungan sekitar, even-even, pemandangan, buat video tutorial kemudian  upload ke chanel youtube. Jika konsisten, maka rekan akan merasakan luar biasanya sensasi dollar.

4. Mengikuti program Join venture adsense
Mungkin masih banyak yang gagal mendaftar Google adsense, padahal blog yang rekan bangun cukup potensial dan memiliki banyak visitor. Jangan menyerah karena dengan mengikuti program Join venture (kerja sama) adsense rekan tetap bisa memonetise blognya dengan Google adsense. Saya sendiri juga membuka model bisnis ini, saya menyediakan akun adsense khusus untuk membantu blog-blog yang belum dimonetasi atau yang masih gagal diaprove Adsense. Untuk detailnya bisa baca disini Tawaran kerja sama Google Adsense.

Empat (4) point macam bisnis online dengan modal kecil diatas hanyalah sebagian kecil saja, banyak sekali bisnis online lain yang tidk membutuhkan modal besar untuk dijalankan. Intinya harus konsisten, kerja keras dan rajin-rajin berdo'a.

Baca juga Mengapa harus bangga menjadi seorang Blogger?

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan