Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Termudah Membuat Subdomain di cPanel

· · 2 comments
Assalamualaikum, wr.wb

Tutorial Membuat Subdomain di Hosting - Subdomain digunakan untuk pembagian dari domain utama rekan dengan kategori tertentu. Misalnya saya mempunyai website kuansingcyber.com (masih dalam tahap penggarapan) yang saya gunakan sebagai website menampilkan list produk hosting. Sedangkan untuk mengatur client dan penginstallan billingnya saya menggunakan subdomain client.kuansingcyber.com Nah dengan pembagian seperti ini akan memudahkan dalam mengelompokan kategori pada subdomain yang telah kita buat.

Kenapa harus pakai subdomain? Kelemahan dari web yang dibangun dengan HTML seperti kuansingcyber.com  tidak bisa menambahkan page atau halaman otomatis seperti pada engine wordpress yang hanya dengan proses beberapa klik halaman akan otomatis dibuat. Untuk menambahkan page di HTML harus secara manual, tentu hal ini tidak akan cocok untuk membuat website berbasis artikel, apalagi secara SEO HTML mempunyai performance yang buruk dibandingkan dengan engine Wordpress. Jadi untuk subdomain akan lebih bagus jika rekan menggunakan engine wordpress, sementara web utama untuk menampilkan listing produk memakai HTML akan lebih memudahkan kita mendesain halaman web sesuai selera masing-masing.

Diartikel ini saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat sub domain di cPanel.
1. Silahkan login ke cPanel domain utama rekan di port 2083
2. Pada bagian Tab Domain, klik sub domains seperti screenshot dibawah ini.
cara membuat subdomain di cpanel
3. Akan muncul halaman subdomains. Pada Subdomain tuliskan nama subdomain yang akan rekan buat. Disini saya contohkan membuat subdomain blog.kuansingcyber.com
 tutorial cara membuat subdomain di hosting
4. Selanjutnya klik create, maka akan keluar pesan subdomain sudah dibuat. dan klik Go back untuk melihat subdomain yang baru kita tambahkan tadi.
menambahkan subdomain dari domain utama
Selanjutnya untuk subdomain yang telah kita buat tersebut siap diinstallkan engine seperti wordpress, HTML atau PHP dan lain-lain.
 langkah-langkah subdomain di cpanel
Baca juga Tutorial membuat paket hosting di WHM

2 comments:

  1. Kalo bikin sub domain gitu kita harus beli domain apa gratis ?

    ReplyDelete
  2. harus ada domain induknya dulu mas. tergantung kalau TLD tentu berbayar

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan