Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Faktor yang Membuat Technopreneurship Menarik di Indonesia

· · 0 comments
Assalamu’alaikum, wr.wb

Apa itu Technopreneurship? -  Technopreneurship teridiri dari dua suku kata yaitu Technologi dan Enterpreneurship. Jika diartikan berarti sebuah bisnis yang berbasiskan teknologi (IT). Google, Tokopedia, kaskus, elevania, Bukalapak, dan lain sebagainya merupakan contoh bisnis yang berbasiskan teknologi. Ada beberapa faktor yang membuat Indonesia menjadi negara yang berpotensi memiliki banyak perusahaan Teknologi :
yang Membuat Technopreneurship Menarik di Indonesia
1. Indonesia memiliki banyak sekali potensi Ekonomi.
Pada tahun 2030 Ekonomi Indonesia diprediksi akan berada di urutan ke 6 Dunia. Ekonomi di Indonesia akan lebih kecil dari ekonomi Amerika, China, Kroasia, India, Brazil dan Jepang.

2. Pengguna Internet di Indonesia semakin banyak.

Jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 150 juta pengguna. Jumlah ini merupakan jumlah pengguna internet 5 besar dunia.

3. Investor Asing
Dengan potensi yang begitu besar di Indonesia pada umumnya dan industri berbasis internet pada khususnya, banyak pemodal asing yang masuk ke Indonesia untuk mencari peluang-peluang investasi. Seperti Fenox VC, IMJ Fenox, Skystar Venture, Indosat dan masih banyak lagi.

4. Techstartup lokal masih terbatas
Techstartup lokal yang berkualitas masih terbatas, dan tingkat kompetisi masih rendah secara relatif. Menurut alexa, 10 website yang paling banyak di kunjungi di Indonesia hanya ada dua website lokal yaitu Kaskus dan situs detik.

Karena faktor diatas, saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai tech startup. Tentu tidak akan menutup kemungkinan Indonesia juga mempunyai Silicon Valley sendiri. Yang lebih penting sekarang adalah untuk fokus pada pengembangan kekuatan serta kemampuan teknologi, juga beberapa elemen yang krusial yang perlu diperhatikan seperti pendidikan dan dukungan entrepreneurship.

Baca juga Seperti apa startup yang menarik bagi Investor?

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan