Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Kenapa Internet Techstartup Perlu Anda Coba?

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Alasan Techstartup itu Gurih  - Diantara kita mungkin belum banyak yang menyadari bahwa Asia Tenggara itu Adalah Indonesia. Negara Indonesia memiliki 250 juta penduduk, 80 juta pengguna internet dan 50 juta pengguna smartphone. Jika kita bandingkan dengan negara lain yang ada di Asia tenggara seperti Singapura hanya memiliki 5 juta penduduk, Malaisya 30 juta penduduk, Vietnam 90 juta penduduk dan Filiphina hampir 100 juta penduduk. Jadi Indonesia adalah tempat yang sangat tepat untuk mengembangkan bisnis TechStartup. 

Kenapa Internet Techstartup perlu Anda coba? Berikut beberapa poin dibawah ini akan menjawabnya.

1. Tidak perlu modal yang besar
Kenapa Internet Techstartup Perlu Anda Coba?
Tahukan rekan siapa orang foto diatas? Mereka adalah Sergey Brin dan Larry page pendiri Google. Foto ini diambil dari sebuah garasi yang mereka pakai pada waktu pertama kali memulai Google. Mereka memulai Google nyaris tanpa modal, bahkan hanya bermodalkan semangat dan kerja keras. Kalaupun kita membutuhkan modal? Kita dapat menggunakan modal orang lain untuk membangun internet techstartup, karena kita tahu banyak investor asing banyak berdatangan ke Indonesia untuk mencari techstartup berpotensi untuk mereka inves.

2. Tingkat pengembalian yang tinggi
Pada tahun 2014 nilai kapitalisasi pasar Mac donald adalah 100 milyar dollar, jumlah yang sangat besar untuk sebuah bisnis restoran. Boeing perusahaan membuat pesawat terbang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 98 milyar dollar. Coba tebak berapa nilai kapitalisasi pasar dari Google? Pada tahun yang sama, Google memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 366 Milyar Dollar, atau tiga setengah kali lebih besar dari mac donald dan boeing. Padahal Sergey Brin dan Larry page memulai Google hampir tanpa modal uang.

3. Sumber daya manusia tidak perlu banyak.
Internet Techstartup dapat mencapai skala bisnis yang sangat besar dengan sumber daya manusia yang besarnya jauh lebih kecil daripada sumber daya manusia yang diperlukan oleh perusahaan non teknologi untuk mencapai skala bisnis yang sama. Mac donald memperkerjakan 761 ribu orang karyawan atau 22 kali lebih banyak dari Google untuk mencapai nilai kapitalisasi pasar yang besarnya 3 setengah kali lebih kecil dari Google.

4. Pendiri Internet TechStartup bisa pensiun lebih dini
Pendiri Internet Startup bisa pensiun lebih dini jika mereka mau. Untuk mencapai nilai kapitalisasi pasar sebesar itu, Boeing membutuhkan waktu 98 tahun dan Mac donald 66 tahun. Berapa waktu yang diperlukan oleh Google? Hanya 15 tahun, waktu yang diperlukan oleh perusahaan teknologi berbasiskan internet untuk mencapai skala bisnis yang sangat besar jauh lebih pendek dari waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan non teknologi atau teknologi lainnya untuk mencapai skala bisnis yang besarnya sama.

Baca juga Faktor yang Membuat Technopreneurship Menarik di Indonesia

2 comments:

  1. tapi yang pastinya harus mempunya sklill ayng unggul ya mas, selain itu perlu kesabaran tingkat tinggi agar sukses dan berhasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak. untuk awal-awal musti banyak sabar kalau mau membangun startup.

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan